Jalan-Jalan Murah ke Korea – Persiapan-1 by Dinna

Halo travelmate…

Jumpa lagi buat para pecinta jalan-jalan murah sudah memasuki tahun baru 2013, and we so excited..why? karena sebentar lagi kita akan memulai pejalanan perdana kita di tahun 2013 ini..where? we are going to SEOUL…Korea Selatan (Republic of Korea) , Markasnya K-POP….yeeeey….
Perjalanan ke seoul awalnya gak masuk daftar perjalanan kita tahun ini, ciyus? Bener… tau ndiri kan, kita pikir tiketnya pasti gak murah ,trus biaya hidup disana juga lebih tinggi. Harus ngurus visa pula…Ya maklum sebagai backpacker, dana perjalanan kita terbatas la yaw…hehehe.
Tapi emang rejeki gak kemana, special thanks to Allah SWT and thanks to AirAsia yang pada Mei 2012, ngadain promo gede-gedean, selain free seat, tiket perjalanan ke beberapa negara juga dijual sangat murah. Ada dua pilihan waktu itu ke Jepang atau Korea Selatan, dan ternyata harga tiket ke Seoul lebih murah daripada Tokyo…dan terbersitlah ide untuk melihat salju disana, waah pasti keren bangeth…dan kebetulan promo perjalanan pas banget ketika waktu musim dingin di Seoul (antara Desember hingga Maret). So kita cek perjalanan di februari 2013, and yes we got the promo ticket to SEOUL…tiket Jakarta – Kuala Lumpur  kita dapat free seat, sedangkan Kuala Lumpur-Jakarta sekitar 500rb. Untuk Kuala Lumpur – Seoul (incheon) PP berapa tiketnya? Cuma 2.5 juta booo…bayangin kalo naik airline yang full aboard, atau harga kursi yang regular, kita harus keluar 6-7 juta rupiah PP untuk menuju Seoul. Alhamdulillah rejeki gak kemana. Kita booking tiket untuk perjalanan tanggal 19-24 Februari 2013. Demi apa? Ya demi salju doung hihihi…oya karena ini perjalanan panjang, kita saranin si beli bagasi, apalagi pas musim dingin, bawaan pasti lebih banyak dari biasanya, disesuaikan saja bagasinya dengan perkiraan barang bawaan kita. Dari pada over bagasi, ntar jatuhnya kita bayar lebih mahal, gak mau kan???
Karena pada saat booking tiket masih mei, kita mutusin nanti aja cari hostel/guesthouse di seoul. Hal pertama paling penting yang harus kita pelajari adalah bagaimana caranya bisa dapet visa korea selatan. Browsing sana, browsing sini, banyak banget referensi cara bikin visa korsel, akhirnya kita fokus pada persyaratan yang diminta di website kedubes korea di Jakarta. Bisa buka linknya disini: http://idn.mofat.go.kr/languages/as/idn/visa/apvisa/index.jsp.

Banyak tipe visa, untuk visa wisata, kita bisa pilih short term visa single khusus untuk turis. Persyaratan umumnya:
1. Formulir aplikasi, bisa download disini: http://idn.mofat.go.kr/languages/as/idn/images/res/visakorean.pdf
Formulir ini kudu lo isi semua, jgn sampe ada yang kosong, termasuk nama, alamat, email, no. ktp, no paspor,dll dan harus ditanda tangan sendiri oleh yang berangkat.
2. Foto berwarna terbaru 1 lembar (4 x 6 cm) ditempel di formulir aplikasi
3. Paspor Asli dan Fotokopi (Fotokopi halaman identitas dan cap/stiker visa Negara yang uda kamu kunjungin).
4. Biaya Visa (Biaya visa tidak dapat dikembalikan): Single Visa(Di bawah 90 hari) : USD 30 (Rp. 288.000), sedangkan Single Visa (Di atas 90 hari) : USD 50 (Rp. 480.000)
Persyaratan lainnya:
1. Kartu Keluarga (KK)
2. Surat Keterangan Kerja (Sponsorship Letter), ini contohnya:

Contoh Surat Sponsorship

Contoh Surat Sponsorship

3. Fotokopi bukti keuangan 3 bulan terakhir + referensi bank (paling gampang minta ke customer service bank rekening Koran 3 bulan terakhir beserta referensi banknya), langsung jadi.

Ada beberapa persyaratan yang tidak disebutkan di website kedutaan tapi bisa membantu mempermudah persetujuan dari pihak kedubes, yaitu:

  1. Tiket pulang pergi yang sudah confirmed
  2. Bookingan hostel yang sudah confirmed (biaya hostel tergantung pilihan hostelnya)
  3. Itinery (rencana perjalanan selama di korea selatan), rincian dari hari pertama sampe pulang mau kemana aja rencananya. Contoh terlampir di file word
  4. Rincian perkiraan biaya selama di korea selatan. Kurang
  5. lebih seperti dibawah ini:
Biaya Hidup Di korea

Biaya Hidup Di korea

Kalau sudah siap dokumennya semua, kita bisa apply visa di kedutaan besar korsel di Jakarta. Alamatnya saat ini di The Plaza Office Tower, Lt. 30 Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350, lantai 30. Jam masukin visa antara jam 9-12 pagi, prosesnya 3-4 hari, nanti jam ambilnya antara jam 14-16 sore.

Nah kalo bicara musim, katanya sih kesana baiknya pas musim semi (Maret –Juni) dan musim panas (Juli – Oktober), tapi karena kita memang targetnya musim dingin dengan harapan ketemu salju (hee…norak banget), makanya Februari ini kita rencanakan kesana. Karena musim dingin, beberapa perlengkapan yang wajid dibawa/dipakai:

  1. Lotion untuk badan/wajah dan lip gloss, karena ketika musim dingin, kulit menjadi kering dan cenderung pecah-pecah, sehingga perlu lotion untuk badan/wajah dan lipgloss untuk bibir kita untuk membantu kelembaban kulit. Wajib dibawa selama perjalanan, karena harus dipakai berulang-ulang untuk menjaga kelembaban kulit.
  2. Long john (baju dalam untuk musim dingin), baju/kaos lengan panjang, sweater/hoodie, baru lapis terakhir adalah jaket.
  3. Jangan lupa sarung tangan, kaos kaki, syall, topi, earmuff, masker  dan sepatu boots untuk menjaga badan kita tetap hangat
  4. Obat-obatan yang diperlukan

Setelah itu…dipacking deh….

sabar ya nanti di upload untuk persiapan 2

About these ads

41 thoughts on “Jalan-Jalan Murah ke Korea – Persiapan-1 by Dinna

  1. mbak dinna , surat sponsorshipnya dari mana? ada kenalan ngak di korea yang bisa jadi guider waktu kesana ? thanks

    • surat sponsorship kalo masih pelajar atau mahasiswa bisa dari orang tua dengan menyertakan rekening tabungan orang tua, kalo sudah bekerja bisa dari tempat bekerja dengan menyertakan tabungan pribadi. untuk guide nanti bisa menanyakan ketempat kita nginep, biasa nya mereka menyediakan, kalo mau ajak saya juga boleh #heh #mupeng.. jangan lupa ya follow @dolanyukz dan like fb kita travelmate.id

  2. hallo mba..
    blognya ngebantu bgt, aku ada rencana mau ksana sama temen, berhubung kami masih pada buta backpacker ke luar negri alias blm pernah sama sekali, *hhe.. ketemulah blog ini :^)

    oya, aku kan kuliah sama krja juga jadi kira2 surat sponsrnya bisa salah satu ga yah ?

    • makasih ya dah berkunjung ke blog kami, maap telat membalas habis liburan lebaran. lebih baik pake referensi kerja aja. ohya tanggal 4-6 ini kita mau ke penang

  3. Kak mau nanya kira kira waktu itu kaka bawa budget berapa? Biar ntar kekoreanya ga kekurangan duit hehehe

  4. Pas banget nemu blog ini hehe saya ada rencana sama2 tmn2 liburan ke korea tapi budget kita terbatas hehehe blognya ngebantu bgt

  5. gimana caranya kita ngurus segala sesutunya???
    kayak biaya penerbangan,?
    perlu gak kalau ada temen yang berasal dari sana?

  6. Dear mba dinna,

    Terima kasih untuk infonya mba.. ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.. saya ada rencana untuk ke korea tahun depan.. dan mengenai pengajuan visa.. kebetulan saya tinggal di medan.. nah untuk pengurusan visa ke jakarta seperti pengiriman dokumen dan pengambilannya apakah boleh diwakilkan oleh orang lain gk ya mba? Apakah boleh share info untuk kasus seperti saya ini? Terima kasih

    • 30 juta? gak ah, minimal saldo sesuai kebutuhan di sana, kalo butuhnya 5jt ya 5 juta, kalo kira2 10 juta ya 10 juta, itu 3 bulan terakhir, maksutnya konsisten per bulannya saldonya segitu, Rincian iya kita buat sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s