[Day -1] Journey Singapore Trip 22-24 October 2011Trip by Dinna

[DAY -1]

Waktu yang dinanti tiba, kita berlima yang naik Tiger Airways sepakat ketemu di bandara jam 10.30, karena pesawat terbang jam 12.40, so kita harus datang 2 jam sebelumnya buat check in, sayangnya Tiger web check in nya  lg temporary unavailable, jadi mau ga mau kita harus dateng ke check in counter lebih awal. Sebagai informasi, teman-teman yang naik Jetstar baru jalan lebih sore dari kita, jadi kita sepakat nunggu mereka di Changi saja. So, jam 10.30 ketemu di terminal 2D, terminal keberangkatan internasional,selesai check in masih keluar lagi dari gate E, waktu ngobrol mercy sempet curcol doi di sangka TKI gelap. baru kemudian boarding, sebelum boarding, kita harus melewati imigrasi dulu, paspor dan boarding pass dicek dan dicap (mercy bermasalah lagi dengan petugas imigrasi) jadi mesti di ingatkan kalo passport kita 6 bulan lagi mau habis mesti perpanjang karena tidak bisa masuk ke singapore. Sampai di boarding gate, barang-barang kita discreening dulu. Catatan disini, jangan bawa cairan di satu botol lebih dari 100 ml, pasti suru buang apake diserahkan ke mrk, karena memang Changi terkenal ketat dalam peraturan membawa barang ke kabin. Kebetulan krn kita naik budget airline, kita ga ada bagasi, ranselan aja. Tapi temen gue yang bawa obat 200ml lolos karena memang kalo utk medicine mrk masih kasih keringanan. Satu lagi, krn naik budget airline yang ga pake bagasi, barang yang kita bawa ke kabin tidak boleh lebih dari 7kg + tas laptop (kalo mau bawa), tapi hallllooo mau jalan2 gitu, ngapain bawa laptop *lirik ika.

Jam 12.40 tepat kita take off dan sampai changi jam 15.40. Turun dari pesawat, kita kembali harus melewati imigrasi, tas, jaket, laptop (kalo ada yang bawa), harus di screening. So far kita berlima aman. Dari sini kita bikin kesepakatan, yang cowok-cowok ( Mercy dan Ifada) nunggu temen-temen yang naik Jetstar, krn mrk diperkirakan sampai changi jam 18.00, dan kita yang cewek2 (gue-Dinna, Sherli dan Rina) duluan ke hostel tempat kita nginap untuk confirm check in. Kebetulan kita di Jakarta uda booking duluan hostel ke hostelworld.com, buat saving time, biar ga looking for penginapan lagi. Kita booking di 98SG Hostel, di daerah Geylang,  kita pesen 2 kamar mix dormitory, satu kamar berempat, karena kebetulan kita 4 (empat) cewek dan 4  (empat) cowok, jadinya ga ada yang nyampur. Karena biasanya kalo anggotanya gak pas, sama pihak hotel suka dimasukin orang lain…

So dari budget terminal, kita naik free shuttle bus ke terminal 2 (dua). Seperti informasi yang kita dapat dari traveler blogger, di singapura paling mudah dan enak naik MRT (Mass Rapid Transit/kereta cepat), untuk peta MRT dapat

Menikmati MRT,

didownload disini. Di Changi, MRT ada di terminal 2 (dua) berada di basement. Enaknya di Changi, semua petunjuk dibuat jelas, sehingga sebenarnya kita gak perlu pecicilan atau malu nanya kesana kemari. Tinggal ikutin arah aja, pasti sampai. Begitu sampai di area MRT, kita harus beli tiket kereta dulu, karena kebetulan tiket office lagi tutup, kita gak bias beli kartu EZ Link (itu kartu buat pass ke pintu masuknya MRT), kartu EZ link harganya S$12, bisa untuk beberapa kali perjalanan MRT atau bis, jadi lebih hemat, tapi kita terpaksa beli tiket standard atau tiket sekali perjalanan pake uang cash. Caranya, menuju ticket machine (bentuknya seperti ATM), pilih standard tiket, lalu stasiun yang mau dituju, masukkan uangnya (paling besar 5 dolar) krn, mesin tiket ga bisa ngasi kembalian lebih dari 4 dolar. 98SG Hostel, ada di dekat stasiun Aljunied, stasiun ini termasuk dalam jalur hijau (lihat gambar peta MRT). So, keluarlah kartu hijau dari mesin tiket, kartu itu kita pake sebagai pass ke pintu masuk MRT, tempelin aja ke pintunya, penghalang pintu akan terbuka dan segeralah masuk karena dalam beberapa detik dia akan tertutup kembali.

Gak lama kereta datang, kita segera masuk, hmm keretanya nyaman banget, dingin dan bersih tentu saja, ciri khas singapura. Di kereta, selalu perhatikan suara petunjuk dari kereta, samalah kalo kita naik busway, suka dikasi info kalo menjelang area tertentu. Dari suara petunjuk diinformasikan, sesampaikan di stasiun tanah merah, kita harus pindah kereta, kalo kita mau kearah Jurong east (harus keluar dari pintu kiri), sedangkan yang kearah Pasir Ris, keluar dari pintu kanan. Karena Aljunied searah dengan jurong east, so kita siap untuk keluar (ga perlu lompat) di pintu kiri. Begitu sampai stasiun tanah merah, kita pun ganti kereta menuju Aljunied setelah melewati beberapa stasiun lainnya yang searah.

Aljuneid MRT Station

Sesampaikan di Aljunied, kita segera keluar, sesuai petunjuk dari hostelworld.com, kita harus keluar dari pintu A, dari situ hostelnya hanya 100m dari stasiun. Bener, 98SG emang deket banget sama stasiun, uda gitu, banyak restoran bertebaran di sepanjang jalan menuju hostel. Hostelnya ada di sebuah ruko, di lt.2, sekilas dari luar si agak2 kumuh, tapi begitu kita check in, dan langsung bayar lunas ke pemilik hostel, (total per orang hanya Rp. 320rb, untuk 2 malam), kita langsung diajak ke lt.3, ternyata kamarnya bersih banget, ac nya dingin, kamar mandi, meja makan, dapur shared bersama. Ada 1 buah computer yang bisa dipake bergantian. Dan satu lagi yang kita suka, kursi pijatnya…hehehe.

So, kita disini nunggu cowok-cowok dan 3 rekan lainnya (Ika, Herry dan Alex) yang naik jetstar sembari kenalan dengan penghuni hostel lainnya, ada 1 (satu) keluarga dari Filipina, lalu 1 (satu)keluarga dari Thailand, 1 (satu) orang Finland (alex dah tukeran no telp) dan ternyata ada orang Indonesia lain yang juga tinggal disini. Mas Joy (Sport Manager TV7/ kompas.tv) dan teman-temannya mas wahyu dan si freddy aka kamfred (yang gue bilang orangnya grogian, karena suka salah masuk kamar orang, salah nyari pintu keluar, terakhir mau pulang ranselnya ditinggal di meja makan, wkwkwkw), peace broo. Mereka membawa sepeda lipet (seli) untuk berkeliling singapur.

Jam 7an, karena mereka ga dateng-dateng, akhirnya kita nunggu mrk di stasiun, sembari makan malam di restoran Mufiz, restoran punya orang India, halal dan 24 jam. Menunya lengkap dari menu india, melayu sampe Indonesia (nasi padang…hehehe), harga makan di Mufiz berkisar 5-7 SGD (Rp. 35.000 – 50.000) termasuk minum. Jam 8 an mereka dateng, agak lama, ternyata mereka mis komunikasi di terminal. Untuk informasi, Jetstar landing bukan di budget terminal, tapi di terminal 1 (satu) changi. Nah si mercy dan ifada ke Terminal satu, eh anak-anak ini ke terminal 2 (dua), karena sesuai catetan itinery dari gue, buat naik MRT naik ke terminal 2 (dua), hehehe….tapi akhirnya ketemu juga, walau mrk sempet salah turun stasiun, turunnya di stasiun Lavender, sebelum Aljunied, untung belum keluar stasion, jadi bisa lanjut naik kereta tanpa harus bayar lagi.

Setelah makan, dan naro barang-barang, sekitar jam 9.30, kita jalan. Rute pertama adalah stasiun City Hall untuk menuju Esplanade dan patung Merlion yang terkenal itu, sambil melihat hotel Marina Sand Bay yang terkenal itu diwaktu malam. Untuk diketahui, Stasiun City hall ada di jalur hijau, tapi stasiun juga merupakan interchange station  untuk pindah ke jalur merah (area jalur merah termasuk orchard). Dari City hall, seperti biasa, kita ikuti petunjuk menuju Esplanade, krn dari City hall, selain keluar ke Esplanade, kita bisa keluar menuju Suntec Mall dan juga Raffles Place.  And wow, gedung esplanade yang terkenal dengan gedung durian sebelah ini keren banget waktu malem, kita menuju waterfront, dan dari sini kita bisa lihat indahnya patung merlion yang baru selesai dipugar, Singapore flyr dan jembatan helix yang berwarna warni, dan tentu saja marina sand bay yang gemerlap.

Esplanade

Gedung-gedung  tinggi disana juga terlihat keren diwaktu malam, Fullerton Hotel, Maybank, dll. Kita menikmati malam pertama kita di sini sambil melihat lampu sorot keluar dari marina sand bay pas jam 12 malam. Jam 12.30 kita balik ke hostel pake Taxi (7 SGD + 4SGD Pajak) karena MRT sudah tidak beroperasi diatas jam 12 (dua belas)malam.