[Part -1] Bali Trip 28 Oktober 2011 by Sherlly

Bali!!!

Tempat tujuan wisata yang tidak pernah bosan untuk saya kunjungi. Alamnya yang indah, keunikan budaya dan adat istiadatnya yang tidak  bisa kita dapatkan di daerah tujuan wisata lainnya.

Awalnya hanya iseng, tapi akhirnya kami berangkat juga menuju Bali. Sebelumnya jumlah tiket yang kami pesan adalah 7 orang, dikarenakan 1 orang batal kami tetap berangkat ber 6. Air asia dengan harga tiket PP 900 ribu, dan belum termasuk airport tax 25 ribu. Di tiket kami berangkat pukul 15.50, tetapi nyatanya delay dan berangkat pukul 17.10. tidak hanya itu, hujan yang sangat deras di bandara husein sastranegara menjadikan pesawat kami delay…(hadeuhh).

Sampai di bandara international Ngurahrai bali pada pukul 18.20, kami berinisiatif untuk mencari info taksi meniuju hotel di daerah legian, ongkos taksi dari bandara ternyata sudah ada pricelistnya, dan tidak bisa di nego lagi (penasaran kalo jadi ibu2). Bandara – legian 60rb. Dari Bandara sudah Nampak kemacetan yang tidak biasanya di sepanjang jalan di kota itu. Ternyata memang ada acara KTT, dan juga banyak perbaikan jalan yg dilakukan oleh PU (abisin anggaran kali yaa).

Sesampai di hotel (30mnt) kami beristirahat dan beres-beres sebentar. Hotel kami terletak di daerah Legian tepatnya dekat Monumen Bom Bali 1, or belakang Vi Ai Pi Club ‘Surya Beach In Legian’ yang satu malam ratenya 200rb/MALAM include breakfast 2 org .

Hotel tampak depan

surya beach in

Cukup strategis wilayahnya, bisa jalan kaki ke daerah kuta, dan jalan2 di sekitaran legian yang banyak sekali tempat belanja juga ‘night life’. Setelah beristirahat sebentar, kami memutuskan untuk makan malam di sekitar hotel, dan juga mencari beberapa keperluan. Saya dan teman saya mencoba masuk ke salah satu café yaitu surfer bar n restaurant tepatnya di jl legian. Harga minuman disana bermacam-macam mulai dari 40rb sampai keatas, tapi ya alhasil hanya soda yang kami beli. Tidak lama dari itu ada pemuda local yang ingin mengajak kami untuk melihat kumpulan para pendatang dari luar yang ‘numplek’ di tempat tersebut, tempatnya bernama ‘bounty’ discoutique. Jujur ini awal pertama saya mengunjungi tempat yang sangat ramai dan tertutup untuk para pendatang lokal, sampai-sampai saya pun ditolak awalnya untuk masuk ke dalam sana, setelah banyak berbincang dengan pihak security, kami pun berhasil masuk. Keesokan hari nya setelah istirahat satu malam, kami memutuskan untuk menyewa mobil keliling Bali, Mobil yang disewakan rata2 seharga 225rb (24 jam) tanpa sopir dan juga tanpa bensin, sebetulnya kalo memang mau nunggu, saya punya kontak penyewaan mobil yang 1 harinya seharga 150rb dengan fasilitas yang sama, tapi karena kami mendadak dan butuh kendaraan saat itu juga..ya mau ga mau harga pun sudah tidak bisa ditawar.

Dewa Wisnu

Nampang

Air Suci GWK

Perjalanan pun dimulai, kami mengunjungi Garuda Wisnu Kencana ‘GWK’ . tiket masuk perorang hanya sebesar 15rb, dan kita sudah dapat merasakan keindahan di atas bukit, juga budaya campur tekhnologi yang di sajikan di GWK ini. GWK berupa patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai garuda. Patung ini nantinya setelah selesai akan menjadi patung terbesar dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan konon katanya akan mengallahkan patung liberty. GWK ini merupakan mahakarya dari seniman Bali I Nyoman Nuarta yang berada di daerah Bali Selatan tepatnya di bukit Unggasan, pematung kelahiran Tabanan, Bali 1951. Patung tersebut terbuat dari campuran tembaga dan baja. Beratnya 4000 ton, terdiri dari 6000 bagian. Dibuat di studio milik Nyoman di Bandung. Bagian–bagian patung tersebut dirakit di Bali. Untuk menyelesaikan patung tersebut, Nyoman memperkerjakan 150 orang. Patung yang dianggap sebagai proyek “mercu suar” tersebut, diprakarsai oleh Yoop Ave, ketika ia masih menjadi Menteri Pariwisata. Sekarang ini progress keseluruhan patungnya masih belum selesai, dimana baru ada 2 patung yaitu kepalanya Dewa Wisnu dan Burung Garudanya yang posisinya masih terpisah.Burung Garuda yang masih terpisah, Beberapa bagian lain patung ini juga sedang dikerjakan di kota Bandung. Dan di GWK ini juga terlihat bukit-bukit kapur yang telah dipotong-potong dan sudah menjadi seperti blok-blok kapur dengan ukuran besar. Blok blok kapur yang terpisah di sepanjang komplek GWK. Selain itu Lokasi GWK ini dapat menjadi tempat multifungsi, disana terdapat Lotus Pond yang berfungsi sebagai tempat konser, pesta, hingga gathering, ada amphiteater yang merupakan tempat untuk menggelar pementasan seperti musik, drama dan pertunjukan teater dengan kapasitas kursi hingga 800 penonton. Tidak hanya itu di GWK pun terdapat mata air suci. Mata air suci ini merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi. Di tengah-tengah gunung kapur yang tinggi, tiba-tiba muncul mata air. Menurut kepercayaan di sana, apabila berdoa dan meminum mata air suci ini kelak keinginan akan terkabul. *ngikut-ngikut aja dehhh… Setelah selesai dengan GWK, kami lanjut mengejar sunset di ‘Dreamland Beach’ tempatnya masih ok, kalo sepi pengunjung dan cuaca ga mendung mungkin terlihat seperti laut di film ‘BEACH’ Leonardo d caprio..(*tutupmata). Pantainya masih biru dan juga punya pasir yang cukup bersih. sunset nya ‘dapet’ bgt..keren!

Selepas dari itu arah perjalanan pulang kami memutuskan untuk makan malam di daerah RENON, wilayah yang cukup ramai disana banyak makanan dengan masakan khas bali atau pun jawa, penduduk jawa di sana tidak sedikit juga ternyata.

dari RENON kamu menuju hotel dan beristirahat kembali…lelah nyaaaa, siap2 untuk lanjut keesokan harinya!

Tanah Lot

Hari ini sebagian dari kami berangkat ke Tanah Lot, yang terletak di pinggir pantai wilayah desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.Kurang lebih 30 km di sebelah barat Denpasar dan 11 km di sebelah selatan kota Tabanan, Pura ini dibangun diatas bukit, mudah dicapai jika laut sedang surut.

Di sekitar Pura Tanah Lot terdapat ular-ular belang berwarna hitam dan putih dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai penajaga pura, ular ini sangat jinak. Di sekitar pura juga terdapat mata air tawar dan dapat dilihat jika air laut sedang surut.

Ayam Betutu Resto

NOW..its time for KULINER, Ayam Betutu khas Gilimanuk n Nasi Campur Bali yang terkenal, salah satunya ada di jalan Raya Tuban No.2. enak banget ayamnya, harga masih terjangkau. dan ditempat ini semua meja kosong selalu sudah penuh bookingan! Menu istimewanya adalah Ayam Betutu,Nasi Campur Bali, Sate Lilit ataupun Lawar. Semua Makanan disini enak, penuh rempah, dan bikin nagih. Harus di COBA!!

Setelah urusan perut pun selesai, kami tidak lupa untuk membeli oleh-oleh yang beraneka Erlangga Bali. Letak toko Krisna dan Erlangga Bali ini bersebelahan tepatnya di Jl. Nusa Kambangan 160A Denpasar…, beraneka oleh-oleh khas Bali yang bisa kita dapatkan, dari mulai Kopi Bali, Brem Bali, Kacang Bali, Sendal Bali, Kaos Bali, Bed Cover, Kalung Bali, dan lain2. Awalnya niat belanja hanya setengah keranjang, tapi samapi di kasir satu keranjang penuh dan beberapa item ditangan siap di bungkus…, Erlangga dan Krisna mereka memiliki Cargo, yang dapat membantu kita untuk mengirim langsug ke tempat asal kita. Sebetulnya masih ada Pasar Sukowati yang sangat terkenal untuk berbelanja, tapi karena kelelahan dan malas untuk bernego harga, sepertinya memang Erlangga atau Krisna lah yang paling tepat untuk dituju. Harga nya pun hamir sama saja, macam yang dijualnya pun sama. Ayo….belanjaaa…

Setelah kondisi uang yang semakin menipis untuk budget oleh2, kami pun menuju satu tempat makan (AGAIN), tempat makan n tempat yg asik buat kongkow ini ada di daerah Seminyak. ‘Potato Head Beach Club’ (traktiran kk ipar) yippieeee! lokasinya ada di Jln. Petitenget Seminyak, Bali. sebetulnya di Jakarta ada juga di Pacific Place Pacific Place G51A Jln. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta.

POtato HEad

Menurut cerita, tempat ini sudah mendapat pengakuan Lokal ataupun Internasional dalam bentuk Seni, masakan, koktail, fashion, dan desain yang sempurna. Inspirasi yang terkait indah dengan set elemen kontemporer, ruang makan dan bar, yang di design oleh salah satu seniman kontemporer terkemuka di Indonesia, Eko Nugroho. (keren banget otaknya).

NEXT!! Back to Legian jalan-jalan disekitaran hotel dan refleksi karena cape n harus bersiap untuk besok pagi!