Green Canyon ‘Cukang Taneuh’

by sherlly

Siap terjun sebelumnya susah payah naik tebing
Green Canyon.. Untuk wisata di Pangandaran mungkin hanyalah pantai yang saya dapatkan. Bukan berarti tidak suka pantai, tapi ada keunikan dan juga tantangan untuk pergi ke Green Canyon ini. Bercerita sedikit tentang Green Canyon, dulu namanya tidak sekeren itu loh! nama asli tempat ini adalahCukang Taneuh yang artinya jembatan tanah. Seorang pria berkebangsaan Perancis di tahun 1993 mempopulerkan nama baru Green Canyon. Tempat ini terletak di desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat.
Sebenarnya dari kota Ciamis masih harus ditempuh kurang lebih 120 km lagi ke arah pangandaran. Ada 2 alternatif penginapan untuk mengunjungi Green Canyon, menginap di Batu Karas yang hanya 20 menit, atau Pangandaran yang jaraknya 30km. Untuk gambaran saja, Pantai Pangandaran pantainya sudah banyak terjamah pengunjung dan untuk tempat makan, pasar ikan, dan tempat belanja memang Pangandaran lebih ramai jika dibandingkan dengan Batu Karas. Di Batu Karas Penginapan tidak sebanyak Pangandaran. tapi Pantainya masih tergolong bersih.

Green Canyon diapit oleh bukit, disana banyak terdapat bebatuan dan pohon2 seperti rawa. sepertinya ini merupakan aliran sungai Cijulang, yang mengalir melalui gua. Awal perjalanan ke lokasi ini pengunjung harus akan ditawari tiket seharga 150rb/perahu. tapi sebenarnya itu adalah tiket sepi pengunjung. Harga tiket satu perahu saya tawar sampai Rp 75.000,- per perahunya. Satu perahu hanya boleh di naiki maksimum 5 orang. Di sepanjang jalan menuju pemberhentian perahu dan banyak tebing2 kita akan melewati sungai dengan air yang berwarna hijau tosca, maka dari itu bule Perancis itu menamakan tempat ini Green Canyon. selain itu disepanjang perjalanan kita pun akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air tanah. Di Perahu yang kita naiki tersedia ban atau pelampung untuk kita berenang-renang menyusuri tebing-tebing yang tidak dapat dilalui oleh perahu. Perjalanan ini aman sebenarnya karena akan ada tali yang akan membantu kita untuk tetap pada arus yang semestinya. ada satu tebing yang harus di coba! kita akan naik ke salah satu tebing di dalam, dan dengan ketinggian kurang lebih ” kita akan terjun dari atas sana..seruuuuuu. kalau sudah sekali pasti pengen lagi. setelah tebing yang satu itu, lanjut perjalanan ke arah lebih dalamhati-hati  semakin dalam arusnya semakin besar. di sebelah kiri jalan terdapat tebing yang bisa kita naiki dan ada tempat berendam di atasnya ‘Pemandian Putri’. konon di atas sana kita bisa berendam sambil meminta sesuatu ‘make a wish’ ahhh ngeramein aja deh ikut-ikut..

Pas kesana tujuannya mo foto2 doank jadinya saltum deh karena ikut berenang juga.. abis ke goda sama serunya.

Green Canyon adalah tempat wisata yang indah di daerah Pangandaran. Tapi saya sarankan untuk mengunjungi Green Canyon sebaiknya pada musim kemarau karena jika musim penghujan datang biasanya air akan berubah menjadi coklat dan keruh.

2 thoughts on “Green Canyon ‘Cukang Taneuh’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s