Hanoi (Vietnam) Journey via Kuala Lumpur (Malaysia) by Dinna

Halooo…senangnya bisa nulis lagi, walaupun agak telat..maap ya guys….perjalanan kali ini sebenarnya tidak pernah terbayangkan bakalan gue jalanin tahun ini mengingat 3M Traveler sudah prepare tahun ini buat jalan2 ke Ho Chi Minh City (Saigon) bulan April dan Bangkok bulan Mei.
Tapi alhamdulillah rejeki emang ga kemana, hehehe, walaupun tidak bareng dengan 3M Traveler mate, gue dapet kesempatan untuk mengunjungi Hanoi-Halong Bay, menemani teman-teman dari satu kementrian, soalnya ternyata mereka ga pede jalan-jalan tanpa ada yang ‘ngurusin’ hehehe. So never mind jadi ‘Koordinator Lapangan” yang harus ngurusin semua tiket, hotel, makan, dan jalan2 mereka, yang penting gue ke Halong Bay gratissss…..yipe…

Kamis 22 Maret 2012
Mengingat tidak ada perjalanan langsung ke Hanoi dari Jakarta, akhirnya kita harus terbang ke Kuala Lumpr (KL) dulu. Tiket keberangkatan Kuala Lumpur -Hanoi kami dapat dari Air Asia dengan jam penerbangan pagi di Hari Jumat, so mau ga mau kita terbang ke Kuala Lumpur Kamis sore. Perjalanan cukup lancar, dan kita tiba di Kuala Lumpur Kamis malam di LCCT Terminal, terminalnya Air Asia. Karena low budget terminal, terminal ini biasa aja, persis dengan Low budget terminal di Changi. Dari LCCT kita naik bis ke Kuala Lumpur Sentral dengan biaya cukup 8 RM aja (baca:ringgit) saja dengan perjalanan selama 1 jam..wuih lumayan jauh ternyata LCCT dari pusat kota.
Sampe Kuala Lumpur Sentral yang merupakan pusat transportasi di jantung kota KL, kita langsung menuju penginapan kita di sebrang Kuala Lumpur Sentral , yaitu My Hotel @Sentral, penginapannya murah , sekitar RM 80 untuk bertiga.
Karena sampai Kuala Lumpur sudah cukup malam,kita pilih makan malam sekitar hotel, tidak banyak pilihan sebenarnya, dan rasanya juga biasa-biasa saja, tapi karena laper, hajar saja hahaha. Habis makan kita lanjut menuju Bukit Bintang dengan naik monorel yang stasiunnya terletak di belakang hotel tempat kita nginap. Seperti biasa, sebagai budget traveler, bukti otentik jalan-jalan kita adalah fotooo, so jadi de banci kamera, foto sana sini. Hehehe. Sayang sudah malam, kita gak bisa kemana-mana lagi, so dari bukit bintang kita langsung ke hotel naik taxi sekitar pukul 1.00 malam.
Pagi-pagi  buta jam 4 dini hari, kita uda harus cabut dari hotel , mengingat penerbangan KL-Hanoi jam 6 pagi dari LCCT. Sebenarnya kita bisa naik bis dari KL sentral seperti kita berangkat di awal, tapi karena teman2 kementrian takut telat, so akhirnya kita pilih sewa mobil ke LCCT, you know how much it cost? RM 180..wow…mahal banget….(untung bukan duit gue..wkwkwkw)…gak bakalan kaleee.

Jumat 23 Maret 2012
Naik penerbangan jam 6 pagi dari Kuala Lumpur, kita sampai Hanoi (Vietnam) sekitar pukul 8 pagi…di pesawat merasa tenang2 aja, karena dari pihak hotel janji penjemputan ke Bandara Gratis…tis..tis..tis…So finally jam 8 kita sampe di Bandara Hanoi yang dikenai dengan Noi Bai International Airport..bandaranya sederhana banget, jauh dari kesan internasional, but Hey we’re in Hanoi….yihaaa.
Begitu keluar imigrasi, kita liatin orang- orang  yang jemput, eh ada tuh yang pasang namaku, orangnya masih muda, gue deketin, aku bilang aku orang di kertas itu, dia bilang tunggu. Kita tunggu deh sambil tuker duit, tau ga sih 1 dolar US itu kursnya 20.000 VND (baca:Vietnam Dong)…woi, dua kali lipat rupiah kita…
Nah begitu tuker duit, eh masa orang yang nungguin kita uda ngilang, trus kacaunya kertas nama gue ada di orang…sama mudanya, tapi lebih tinggi, gue tanya kok nama gue ada di dia, yang tadi mana? Dia bilang itu tadi harusnya saya…wei..gue mulai curiga, apalgi pas dia bilang mblnya belum dateng, ha..trus dia bukan sopirnya???? Dia nawarin gue and kawan-kawan naik taxi and kasi harga, aku bilang ogah..la wong pihak hotel bilangnya dijemput gratis…gue akhirnya ambil keputusan beli pulsa lokal buat nelp hotel, begitu mau nelp, dateng bapak-bapak nunjukin sesuai ke Anto, salah satu rekan kementrian yang ikut jalan. En dia bilang, Dinnaa ini yang bener ni….ternyata di Hpnya dia nunjukin nama hotelnya, trus no penerbangan kita, nama sama no HP gue!!!! Langsung kita bergegas ngikutin dia, waw mbl jemputannya keren, guede, cukup buat kita ber 8 (delapan)…nyaman….satu lagi, mobil di hanoi menggunakan stir kiri…alhamdulillah…terhindar dari mafia taxi yang ternyata sangat terkenal di bandara hanoi
Perjalanan dari bandara ke hotel kita di daerah backpaker area memakan waktu 30 menit, kita nginep di Little Hanoi Hostel, di 48 Hang Ga, jalanannya kecil-kecil  Seperti  di Yogyakarta. Sampai disana kita langsung disambut receptionisnya yang sudah siap dengan kamar kita, harga kamarnya cukup murah usd 27 buat bertiga dan 23 dolar buat berdua. Kita langsung taro barang dikamar, karena ketika sampai hotel sudah jam 10 pagi dan sudah dijemput oleh Hanoi Kids, anak-anak  mahasiswa Hanoi yang ngasi free tour kota hari ini.

Hanoi Kids

Hanoi Kids

Sekilas tentang Hanoi Kids, berawal dari buka web Tripadvisor, berniat cari tour kota yang murah meriah disana, ternyata dari rangking tour yang ada di Tripadvisor, Hanoi Kids ranking satu tour kota dengan free services!!! Ternyata Hanoi Kids adalah lembaga nirlaba yang merekrut anak-anak  mahasiswa untuk jadi free tour guide, mereka dilarang menerima tip, tapi kita sebagai tamu wajib membayarkan tiket jika kita masuk gedung/musium yang bayar atau naik taxi. Termasuk bayar makannya kalau kita makan bersama. Wow that was great!!
So 3 (tiga) anak Hanoi Kids, Mai, Nhung dan Thao, sudah nunggu kita buat tour kota, makanya kita langsung cepet-cepet naro barang dan segera jalan dg mereka. Tujuan pertama kita adalah Ho Chi Minh Museum, tempat peristirahatan terakhir presiden pertama vietnam, yang biasa dipanggil Uncle HO, sayang kita datang kesiangan, museumnnya uda tutup. Dari museum, kita menuju One Pillar Pagoda, tidak jauh dari Museum, gak lama kita disana karena tiba-tiba  hujan deras dan kita langsung naik taxi dan sepakat di taxi menuju tempat makan. Catatan, taxi di Hanoi banyak yang argonya abal-abal (argo kuda), hanya dua yang benar, May Linh dan Vinnasum, kalo gak, kita bisa harus bayar berkali-kali lipat dari argo yang sebenarnya.
Hampir mustahil cari makanan halal disekitar Hanoi, kalaupun ada pilihannya Cuma dua restoran malaysia dan india, itu juga mahal banget dan agak jauh dari tempat kita nginap, sedangkan beberapa warung pho yang ada di sekitar hotel kita hampir semuanya mengandung ‘babi’ (pork). Buat kami yang muslim tentu jadi kesulitan. Akhirnya kita pasrah, cari ‘aman’ dengan makan KFC..hiks dan BBQ Chicken Resto, itu saja pilihan restoran kami selama disana.
Habis makan siang, tadinya anak-anak Hanoi Kids masih mau ngajak kita ke beberapa tempat bersejarah di Hanoi, tapi…ibu2 kementrian ternyata uda ga sabar buat belanja….so sebagai korlab, gue akhir nya nurutin kemauan ibu-ibu, kita menuju Hoam Kiem Lake yang gak jauh dari situ adalah daerah Old Quarter, sala satu wisata belanja turis. Sayang memang, banyak wisata bersejarah yang terlewatkan, but thats ok, mudah-mudahan kapan-kapan bisa ke hanoi lagi dengan 3M traveler, amin…
Belanja-belanja  sampai sore, is that enough?? Noooo hehehe, karena sudah sore, anak-anak  Hanoi Kids Cuma bisa sampai jam 5 (lima) sore anter kita, tapi mrk kasih tau kalau jam 7 (tujuh) malam ada pasar malam yang buka sampai jam 4 pagi…wew… so before they go, karena kita g boleh kasi tip, so gue uda siapin suvenir buat mrk, yaitu kaos tulisan Jakarta, the city of traffic jam…wkwkwkw
Eh tapi kita boleh bangga lo walau macet di Jakarta masih tertib kendaraannya, coba deh di hanoi, lalu lintasnya bikin strees, mana jarang ada lampu merah, motor jalan seenaknya nyelonong sana nyelonong sini, kalo uda diperempatan haduh serba salah diklakson sana sini, anehnya selama disana belum ketemu tuh kecelakaan…hmmm
Setelah menemani rekan2 kementrian belanja, dan jg ikut belanja ‘wajib’ alias gantungan kunci hehehe…jam 12 malam kita balik, sempet nyasar-nyasar karena jalannya semuanya bentuknya sama di waktu malam, tapi akhirnya ketemu juga…makan di BBQ Chicken yang buka 24 jam and ready to rest buat perjalanan besok ke Halong Bai…

Sabtu 24 Maret 2012

Di Atas Perahu

Di Atas Perahu

Setelah sarapan, tepat jam 8, tour guide yang akan membawa kita ke Halong Bai datang. Bisnya ukuran sedang cukup untuk 25 orang. Perjalananan ke Halong Bai cukup lama, setelah menjemput tamu yang lain, jam 9 kita menuju Halong Bay, sempat kenalan dengan turis dari AS, yang super kocak, dan kebetulan pernah ke Indonesia, jadi perjalanan lumayan ga bosenin. Jam 12.30 kita sampai di Halong Bai, setelah nunggu bentar untuk dpt karcis, kita dipersilahkan untuk naik Kapal, sepanjang perjalanan tour guidenya menjelaskan tentang sejarah halong bay.

Tiket Masuk Halong Bay

Tiket Masuk Halong Bay

Lengkapnya buka aja http://id.wikipedia.org/wiki/Teluk_Ha_Long yak, hehehe. Hampir 5 jam kita putar-putar di Halong Bay yang tercatat oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1994. Termasuk makan siang, foto2 nya bisa dilihat disini….Dari Halong Bai kita kembali ke Hanoi sekitar pukul 17.30 dan sampai Hanoi pukul 20.30, kita turun pas di Hoam Kiem Lake and yes…there are a bazar there buat ibu-ibu  shopping. Yo wes, aku habiskan sisa dong aku disini buat oleh-oleh juga.

Minggu 25 Maret 2012
Its our last day in Hanoi..waduh ga kerasa ya, kita harus berangkat pagi dari Hotel karena pesawat menuju KL sekitar pukul 09.00. Setelah membayar seluruh admnistrasi, kita naik taxi ke bandara. Tepat pukul 9 kita take off dan sampai KL jam 12.30…yang lucu di pesawat adalah, karena selama di Hanoi kita ga dapat makan yang sesuai selera kita, akhirnya kita balas dendam di pesawat, mulai dari pesen mie instan sampai nasi…hahaha
Di LCCT, kita titip bagasi kita di bandara, dan kembali naik bis ke KL Sentral, dari situ seperti biasa, karena ibu2 maunya belanja, kita sepakat jalan ke Petaling Street, dengan naik MRT, kebetulan Cuma 1 stasiun dari KL Sentral. Tempatnya persis kayak China Townnya Singapore, tapi lebih panjang…ada juga yang didalam ruangan AC (Central Market), kalau mau lebih nyaman. Setelah puas belanja, jam 6 sore kita balik ke KL Sentral and naik bis lagi ke LCCT, makan malam, ngobrol2 dan akhirnya take off jam 23.30 dan sampe jakarta jam 01.00. malam
So selesailah perjalanan KL-Hanoi selama 4 hari. Jujur gue berharap masih bisa kembali kesana, karena gak semua tempat bisa dikunjungi selama 4 hari kemaren, dan tentu saja dengan 3M Traveler Mate..lets go guys…we plan to Hanoi next year….hehehe

5 thoughts on “Hanoi (Vietnam) Journey via Kuala Lumpur (Malaysia) by Dinna

  1. haiii salam kenal.. boleh saya tahu, klo untuk trip ke ha long bay nya dapat tour dari mana dan per orang kena biaya berapa? terima kasih

  2. @amel kita pesan via internet dari hanoi hostel tapi sebenarnya ada yang lebih murah, langsung on the spot rata-rata 18 dollar / person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s