Ho Chi Minh City (HCMC/Saigon) Journey 14-16 April 2012 by Dinna

Setelah sebulan yang lalu gue ke Hanoi sendiri, akhirnya April, 3M Traveler jalan bareng lagi and its time to Ho Chi Minh city atau dikenal juga sebagai Saigon. Kita ada 8 orang yang berangkat, tapi groupnya terpisah krn Bang Eci, Lie, Alit dan Ade (Alit dan Ade new member travel mate) uda keburu beli tiket promo jetstar, sementara aku, ika dan acong karena telat pesan, akhirnya bisa juga beli tiket ke HCMC via AirAsia. Perjalanan kali ini aku ditemani kakak iparku, yang emang uda kepengen juga jalan2 ke HCMC. Its nice to travel again…..yes we fly again…..

Sabtu 14 April 2012

Aku, Mba Dida, Ika dan Acong naik pesawat Airasia penerbangan pukul  17.15, penerbangan menempuh jarak 3 jam dari Jakarta ke HCMC, awalnya tidak ada yang menarik sepanjang perjalanana di pesawat, sampai menjelang  satu jam sebelum sampai HCMC, tiba-tiba sala satu kru pesawat, ambil mic , perkenalkan diri…and you know what…HE  SING!!!! Wew….and lagunya apa? INDONESIA PUSAKA…hahaha. Walaupun terkesan aneh, tapi ternyata berhasil mengurangi kebosanan penumpang di pesawat, kreatif mas….salut!!!

Kami sampai di HCMC jam 08.00 malam, setelah berhasil melewati imigrasi, kita langsung tuker uang di money changer, salah satu money changer yang bagus menurut Lonely Planet adalah Cisco, so tanpa banyak tanya kita tuker duit disitu dari sekian banyak money changer di Bandara.

Hey Mom I am in Ho Chi Minh City

Sementara nunggu teman-teman  yang naik Jetstar, yang datang dengan pesawat jam 9, kita jalan-teman di sekitar bandara untuk makan, dan akhirnya travel mate datang juga…so kita naik taxi ke hotel via Cisco, karena ada 8 orang kita naik 2 taxi, satu taxi kena charge 10 dolar, so dua taxi 20 dolar. Selain taxi bandara Cisco, taxi reguler di HCMC yang dipercaya sama dengan di Hanoi, yaitu Mai Linh dan Vinnasum.

Kita sampai hotel jam 9.30 dan disambut hangat oleh Mrs. Long, pemilik Long Guesthouse tempat kita menginap.  Keramahan keluarga Long benar-benar  sudah kami rasakan sejak awal, sambil menunggu dengan ramah mereka menawarkan welcome drink berupa ice tea dan pisang sambil menunggu kamar kami disiapkan. Oya kita pesan Long Guesthouse via Hostelworld, dan juga cek di Tripadvisor, karena Long Guesthouse baru dapat penghargaan Traveler Choice 2012 sebagai Hostel Terbaik…wow!!!

Long Hostel

Yes the room is ready, and kita benar-benar gratefull, krn salah satu kamar yang awalnya kita booking isi bertiga, tetap di charge untuk dua orang, karena salah satu rekan kita ada yang gagal berangkat. Wow, kamar luas dan murah…asiikkk

Setelah istirahat sejenak, jam 10 pm kita keluar utuk jalan-jalan ke pasar malam di Ben Than Market, Mrs. Long pun memberikan kami peta untuk mencapai kesana, dia juga merekomendasikan sebuah kedai Pho yang enak untuk kami santap, karena tau kami belum makan malam. So nice mam….Selain itu beliau juga bersedia membooking kita tour ke Mekong Delta dengan harga yang cukup murah dan siap jemput kita di hotel besok paginya…oooh i like her so much, so helpfull banget.

Baso Edisi HCMC

Baso Edisi HCMC

Kedai Phonya memang tidak jauh dari hostel, dan porsinya pun besar, kita cukup nyaman dan merasa aman makannya karena dagingnya beef (daging sapi) dan minyak yang dipakai minyak sayur…

Habis makan kita jalan-jalan menuju Ben Than Market, melewati taman yang masih ramai oleh anak-anak  muda Saigon bercengkrama.  Sampai sana pasar malamnya hampir tutup karena sudah menjelang jam 12 malam, untungnya karena aku uda pengalaman belanja di pasar malam di Hanoi, lebih mudah menawar2 barang spt gantungan kunci, tempelan kulkas, tas-tas, dan kaos disini, jadi memang beberapa item sudah bisa kita beli dalam waktu kurang dari satu jam. Jam 1 malam kita kembali ke Hostel, upps udah dikunci, tapi ternyata salah satu keluarga Mrs Long ada yang sengaja nunggu kami datang, dia menyambut kami dengan ramah, bahkan bersedia ngobrol sampai larut mengajari kami beberapa bahasa vietnam yang mudah dipelajari…

Minggu 15 April 2012

Karena tidur kemaleman, besok paginya kita bangun kesiangan, MRs. Long pun mengingatkan kami bahwa jam 08.00 pihak tour akan datang untuk menjemput kami menuju perjalanan ke Mekong Delta.

Mekong River Tour

Mekong River Tour

Hadeuh…bener saja, baru sebentar sarapan, Duc, tour guide kita datang, and dengan muka bete dia bilang kita uda late..dan masih banyak yang harus dia jemput…Kita pun segera lari2 ngejar dia ke bis, and you know what, Mrs. Long langsung membungkus sarapan kami semua plus tambahan beberapa air mineral (padahal harusnya air mineral di hostel harus beli), dan memberikan pada kami, dan mengingatkan kami untuk sarapan karena perjalanan ke Mekong Delta memakan waktu sekitar 2.5 jam. Oh…she really like a mom…we feel like at home here.

So diperjalanan setelah semua tamu dijemput, Duc pun mulai gak bete lagi, iya laah sayang atuh, wajah ganteng gitu…hehehe. Dia mulai menyapa seluruh tamu dan sedikit memberikan gambaran perjalanan kami. Setelah menempuh perjalanan lebih dari 2  (dua) jam, akhirnya sampai juga kita di dermaga di pinggir sungai Mekong, kita segera ambil karcis dan dipersilahkan naik ke kapal kayu yang sepertinya sudah didesain untuk turis, sekitar 20an turis satu kapal. Sepanjang perjalanan Duc mulai memberikan gambaran kehidupan masyarakat di sungai Mekong yang memang masih berada di garis kemiskinan, perjalanan terus sampai kita turun di suatu pabrik pembuatan kue/permen kelapa. Sebenarnya makanannya setelah dilihat tidak jauh dengan jenis makanan kue atau permen di Indonesia. Kue brondong, permen kelapa, persis kalo kita pulang dari Garut/Tasik, oleh-olehnya hampir sama dengan yang diperagakan disitu. Hanya saja kita baru tau kalau cara pembuatannya seperti itu. Kagum juga dengan pemerintah Vietnam yang berusaha meningkatkan pendapatan masyarakat Mekong dengan menggiring turis tour sepanjang sungai Mekong.

Hey DUC

Setelah dari pabrik kue, kita menuju ke tempat pembuatan madu, hampir sama dengan madu kita, dan akhirnya sampai juga kita di restoran untuk makan siang. Yang lucu, dari awal perjalanan, Duc selalu mempromosikan ikan yang dia sebut Elephant Ear Fish yang katanya rasanya uenak dan luar biasa, karena penasaran, akhirnya kita pun pesan, and begitu ikannya disuguhkan, tau gak ternyata ikan apa???? Ikan MUJAERRRR…..wahahahaha. Karena lapar akhirnya makanan yang disuguhkan kita santap, agak aneh rasanya, ayamnya juga, mungkin karena beda cita rasa rempah-rempahnya makanya agak aneh di lidah, untung gue bawa sambel and kecap ABC hahaha, serasa makan di rumah deh….

Sambil makan siang, Duc menawarkan kami jika ada yang mau jalan-jalan naik sepeda di sekitar restoran, tapi karena panas sangat menyengat, kita memilih duduk-duduk  di restoran saja, sampai pada acara naik perahu sampan. Satu perahu isi 4 orang, dan kita diajak mengelilingi pinggir sungai yang airnya cukup tenang, menuju kapal kami. Dan that’s it, perjalanan selesai dan kita kembali ke dermaga.

Pulang Tur Mekong

Sampai HCMC lagi waktu sudah menunjukkan pukul 8 malam, akhirnya kita memutuskan untuk berjalan-jalan seputar kota menikmati kota HCMC diwaktu malam, memang beda banget Hanoi dan HCMC, kalau hanoi lebih tenang, HCMC lebih metropolitan, hampir sama dengan Jakarta. Yang tidak jauh beda dengan Hanoi adalah lalu lintasnya yang kacau balau, dan bikin pusing 7 keliling. Kita pun berjalan-jalan lagi sambil belanja belenji  oleh-oleh untuk keluarga dan rekan di Jakarta sampai jam 10 malam. Setelah mampir bentar di hostel, kita pun cari makan malam, dan

Makan Malam

Makan Malam

makan di sebuah restoran Malaysia yang ya ampun mahalnya…tapi karena kita ngejar halalnnya, akhirnya kita sepakat makan di restoran tersebut. Memang gak banyak restoran halal di HCMC, kalaupun ada pilihannya adalah makanan india atau malaysia…Hmm andaikata ada restoran padang di sini..pasti laku keras..ada yang tertarik????

Sampai hotel sudah jam 12 pm, Mrs dan Mr. Long masih duduk-duduk di lobi hotel, dan dengan senang hati menemani kami ngobrol. Menyenangkan sekali berada jauh dirumah tapi serasa di rumah bersama-sama dengan mereka.

Senin, 16 April 2012

Jadwal kita di hari terakhir adalah tur Kota. Seperti di Hanoi, kita pun booking tour kota gratis dengan organisasi yang hampir sama dengan Hanoi Kids, tapi namanya Saigon Hotpot, mrk juga organisasi nirlaba yang menugaskan beberapa mahasiswa HCMC untuk memberikan pendampingan kepada turis tempat2 bersejarah di kota HCMC.  Sayangnya, teman2 yang naik jetstar tidak bisa ikut tour kota secara utuh, karena jadwal penerbangan mereka jam 11 am,  Makanya di jalan kita harus berpisah dengan mereka karena sudah harus lebih dulu ke Bandara.

Jam 09.00, anak-anak Saigon Hotpot pun datang dan bisa di cek disini juga, namanya Nam dan Bee,

City Tour in HCMC

City Tour in HCMC

Nam adalah mahasiswa teknik kimia sedangkan Bee adalah mahasiswa akutansi, bahasa inggris mereka sangat bagus, dan sejak awal mereka terlihat sangat antusias menemani kami. Perjalanan dimulai dari Hostel menuju City Hall dan Gedung Theatre, setelah puas foto-foto, kita lanjut menuju Gereja Katedral yang merupakan replika Gedung Katedral di Prancis, semua materialnya dibawa dari Prancis biar mengikuti bentuk aslinya. Di depannya terdapat patung bunda maria. Di Sebrang gereja Katedral berdiri Gedung kantor Pos,

Kantor Pos

tadinya gak nyangka gedung sebesar itu adalah kantor pos, kita kira dari awal itu adalah stasiun kereta api, karena gedungnya besar sekali…bagus banget dalamnya keren…Dari kantor pos, dari kantor pos ini kita juga mengirimkan post card ke Indonesia untuk teman yang berulang tahun,  kita menuju reunification palace atau gedung kemerdekaan negara vietnam, disanalah sejarah bersatunya seluruh masyarkat vietnam dibawah komando presiden Ho Chi Minh, untuk sebuah gedung dengan furnitur tahun 1940-an, istana ini terlihat terawat dengan baik, dan menurut, Nam, dari semua gedung yang didesain di HCMC, Reunification Palace adalah gedung yang dirancang sendiri oleh orang vietnam.

Setelah dari reunification palace, kita sepakat untuk makan siang dulu, seperti biasa, kita makan di restoran malaysia yang kebetulan berada di saamping masjid Saigon, dibelakang gedung teater. Nam dan Bee terlihat antusias makan makanan ala indonesia, mereka pesan nasi goreng dan mie goreng…hehehe.Setelah makan,

Masjid di Saigon

kita sholat di mesjid persis di depan restoran depan, namanya Mesjid Saigon. Seger juga rasanya kena air wudlu ditengah panasnya terik matahari kota Ho Chi Minh. Dari mesjid, kita lanjut ke War Museum, terdiri dari dua lantai, yang menceritakan perjalanan selama perang vietnam. Kebanyakan isinya adalah foto2 semasa perang dulu, and yes, the picture speak it self, getir rasanya melihat foto2 korban perang vietnam terutama anak2…so sad…

Setelah foto-foto di depan beberapa kendaraan perang seperti pesawat, helikopter dan tank (hmm mirip museum satria mandala sih sebenarnya), kita melanjutkan perjalanan ke kuil, Sri Mariaman Temple. Nam dengan antusian menceritakan  simbol-simbol yang ada di kuil tersebut dengan detail… kalo disuruh cerita lagi, hehehe susah ah, buka aja wikipedia kali ya..hehehe.

Black Hawk Helicopter

And that’s it, selesailah perjalanan tur kota kita bersama Bee dan Nam, begitu sampai kota, kita mampir sebentar ke

Ben Than Market

Ben Than Market. Karena sebelumnya sudah belanja, jadi kita beli yang perlu-perlu aja di sana. Sebelum ke guesthouse, kita makan duren dulu bareng2…hadeeh enaknya. Begitu sampai di guesthouse, kita foto2 sejenak dengan Bee dan Nam, tidak lupa kita tukeran email dan account facebook kita. Kita juga diminta mengisi buku kesan pesan mereka..hihihi inget waktu sekolah dulu…wkwkwk. Good by Bee, Nam. Good bye Mrs and Mr Long, we surely miss you all…

So, jam 6 sore kita sudah naik taxi menuju bandara, tidak berlama-lama kita segera check in dan boarding. Pesawat berangkat jam 9 malam, dan sampai jakarta jam 12.30 dini hari..woow benar2 perjalanan yang melelahkan tapi menyenangkan…

See u guys in Bangkok next month…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s