3rd TRIP KE SINGAPURA By Dinna

3rd TRIP KE SINGAPURA

Day 1, Jumat, 29 Juni 2012

Jam 6 pagi udah dianter suami ke bandara, hari ini gue memulai perjalanan ketiga gue ke Singapura, nemenin rekan-rekan cipete yang kebetulan baru pertama kali ke sana, jadi ceritanya mau jadi guide gitu loch hehehe, gratisan. Sengaja berangkat pesawat pagi biar ada waktu buat ngurus booking hotel di Fragrance buat temen-temen lain yang kebetulan berangkat pake pesawat malem. Untungnya gak sendirian, ada neng sherly yang menemaniku kali ini, walau sempet deg2an juga karena sampai deadline waktu check in, neng lie belum keliatan batang idung di bandara…akhirnya gue pilih nunggu di ruangan boarding aja, and yes she make it. Jam 10.30 kita masuk pesawat Tiger Airways and jam 10.40 berangkat. Untuk penerbangan kali ini kita beruntung bisa dapet promo tiket jkt-sg dari Tiger Arways, 400 K sekali jalan buat berdua hihihi, ajeb bener….

Jam 13.30 waktu setempat kita sampai di Singapura, sekali lagi, singapura satu jam lebih dulu dari Jakarta. Tiger Arways sampai dengan akhir bulan juni masih landing di budget terminal, tapi per bulan Juli, mrk akan pindah ke terminal 2…antrian di imigrasi lumayan panjang, mengingat memang ini masuk musim liburan anak-anak. Hebat sekali pariwisata Singapura bisa menarik begitu banyak wisatawan, khususnya dari Indonesia yang luar biasa banyaknya. Mulai dari kita-kita yang grup budget traveler, keluarga, sampai rombongan tour.

Dari budget terminal kita menuju Terminal 2 untuk naik MRT, karena waktu check in di hotel baru bisa dilakukan jam 3 sore, kita putuskan untuk makan siang dulu di area Bugis, sampai menunggu waktu check in. Makan siang kita kali ini dengan chicken rice di tongseng coffee shop, dibawah ah chew hotel, depan Bugis Junction, makanannya harganya 3.5 dolar semua, sedangkan minumnya sekitar 1 dolaran, sesuai lah dengan budget kita. Rasanya pun cukup sesuai dengan lidah kita. Selesai makan, kita hunting dessert yang letaknya kebetulan di belakang tongseng coffee shop. Namanya ah chew dessert. Ada total 48 menu dessert disana, hadeh bingung milihnya, akhirnya kita pilih Durian Hongkong Ice Red Bean dan Durian Mango Sago. Rasanya…mantaps…dengan harga kurang dari 5 dolar, rasanya luar biasa…must try deh kalau ke singapura.

Bugis Junction

Bugis Junction

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari situ kita nyebrang ke Bugis Junction, sambil menuju Bugis MRT, kita mampir ke Bugis Street, belum apa-apa neng lie uda beli 2 tas di bugis street harga 10 dolaran, titipan biasa…katanya. Dari Bugis MRT kita ke Outram Park MRT di jalur hijau untuk pindah line ke jalur ungu, menuju Little India MRT. Dari MRT Little India kita keluar di Exit A dan menuju ke Selegie Road, tempat hotel kita nginep, Fragnance Hotel, Selegie. Kita nginep disini via booking.com, niatnya mau nginep di G4 Station Guesthouse, persis belakang Fragnance, tapi sayang uda penuh. Urusan check-in dan pembayaran langsung gw beresin biar ga ribet ntar pas check out.  Kamar kita di lantai 5, hmm untuk ukuran hotel, ini kamar asli sempit banget. Persis kamar di Lor-in Sentul, kemana-mana mentok. Kayaknya emang nie hotel jual lokasi aja, letaknya sangat strategis, dekat MRT (Little India), deket 7/11 (samping persis), dekat restoran halal (samping 7/11), dekat mall (The Verge-tinggal nyebrang), dekat supermarket (shen shiong, dibawah the verge), dekat pasar (tekka centre), dekat Mustafa Centre (naik MRT atau jalan 2km), depan halte bis pula (bis stop no 131). Yo wis, aku ma neng lie istirahat sejenak sambil menunggu makan malam dan kedatangan rekan-rekan lain yang dateng ntar malam.

Fragrance Hotel

Fragrance Hotel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baru setengah jam istirahat, kaki kita uda gatel mau jalan..laaa di negeri orang ngapain juga nongkrong di hotel, akhirnya kita sepakat jali-jali ke Henderson Road, kalo liat di internet, diatas Henderson road, ada Henderson bridge yang kalo malem keren banget lampunya. Penasaran akhirnya kita kesana, via MRT dulu baru naik bis. Ada cerita lucu, walaupun ternyata kita udah pegang peta MRT, tetep aja kita bisa-bisanya salah2 turun, ini gara-gara gue kira Harbour Front MRT cuma beda satu stasiun sama Little India, begitu turun, kita bingung, kenapa ketemu Plaza Singapura? Bukannya Vivo City? Trus arah petunjuk mengarah ke Orchard Road, hehehe ternyata pas diluar kita baru ngeh kalo kita turun di Dhobi Ghaut..weks…Harbour Front masih 3 stasiun dari Dhobi Gaut, diujung…hadeh….

Akhirnya sampai juga kita di Harbour Front, dari situ, ke Henderson Road, katanya kita harus naik bis, antara no 131 atau 145. Naiklah kita bis no. 145. Sepanjang jalan kita diliatin sama penumpang lain..hmm kenapa ya, hehehe ternyata kita duduk dikursi untuk penumpang khusus (manula,cacat,ibu hamil,ibu dg anak). Di Singapura ternyata, walau gak ada orang-orang tersebut naik bis, kalau masih ada tempat duduk umum, tempat duduk khusus gak pernah ditempatin..aduh jadi malu…hehehe. Di perjalanan, gue ambil rute bis, beberapa halte lewat, gw mulai curiga kayaknya ada yang salah, hehehe ternyata benar, ternyata kita naik bis 145 yang menuju arah berlawanan dari Henderson Road, waaaaa, langsung kita turun dan nyebrang lagi, naik bis 145 kearah Henderson Road…dasar katroooo

Setelah melewati beberapa halte, Henderson bridge terlihat dari bis, kita pun langsung turun, tau gak sih, si neng lie mulai jiper, dia gak sangka kalo jembatannya setinggi itu. Hehehe, gue sih uda sempet baca di Wikipedia, kalo Henderson bridge itu, jembatan paling tinggi di Singapura, bentuknya bergelombang, dan terbuat dari kayu..Begitu sampai atas, pemandangannya Subhanallah luar biasa, tapi neng lie tetep aja jejeritan ketakutan, gue jg jiper sih, apalagi diantara kalo liat kebawah…hadeh..tapi sok tenang, ntar dua2nya panik trus pingsan gimana?

Suasana malam di Henderson bridge emang keren banget, lampu-lampu di jembatan membuat suasana lebih indah, banyak orang disini, ada yang lagi pacaran, lari-lari sore, pemotretan, atau sekedar duduk-duduk saja. Kita gak lama di sana karena neng lie makin stress aja tuh kalo diatas jembatan, akhirnya kita turun, dan menuju halte untuk naik bis kembali menuju Harbour Front, kali ini kita naik bis no 131, and you know what??? Yes kita kelewatan lagi, persis di tempat kita turun waktu salah naik bis. Untungnya pas gue cek di rute bis, bis 131 ternyata adalah bis yang turun di halte persis depan hotel, akhirnya kita sepakat mengikuti rute bis, sekalian jalan2 menikmati kota singapura di malam hari, asik juga ternyata, melewati raffles place, one fullerton hotel, SMU,dll. Di perjalanan kita sepakat turun di halte yang lebih dekat ke Mustafa Centre, 2 stop setelah halte bis hotel kita, dan kita pun turun lalu jalan menuju Mustafa Centre.

Henderson Bridge

Henderson Bridge

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Henderson Bridge

Henderson Bridge

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ts night already so we have our dinner at ABM restaurant, samping Mustafa, gue pesen prata dan kari ayam, lie pesen nasi briyani. Memang dasar laper ya, menu segitu banyak abis juga ama kita berdua hihihi. Sambil menunggu teman-teman datang, kita puter-puter di Mustafa, biasalah, di tempat-tempat coklat, gw ambil beberapa coklat cadburry yang emang gak dijual di Jakarta. Kalau lie, seperti biasa, banyak lah pengennya, dari coklat, parfum,dst, hehehe kalo disini emang godaannya gak nahan. Apalagi harganya relative murmer….Udah jam 11 malam ternyata, kita pun ke hotel via MRT Ferrer Park yang gak jauh dari Mustafa, turun satu stasiun ke Little India, sebenarnya bisa jalan si, hehehehe tapi malessss.

Kita sengaja duduk-duduk di lobi sambil nunggu teman-teman cipete dateng, kalau sesuai jadwal, harusnya jam 12 malam mereka uda sampai hotel. Gw sengaja pesan mobil travel buat mereka untuk jemput di Changi, karena MRT jam 11.30 uda close. And yes, their coming. Bu Eni and anaknya Icha, Anto and sohibnya Andy…..beberes check in, chit chat  bentar, and sepakat ketemuan di lobi besok jam 9 pagi.

Hari ke-2, Sabtu 30 Juni 2012

Niatnya mau sarapan cepet-cepat jam 7 pagi, tapi begitu ke lantai 2, tempat restoran berada di hotel ini, alamak…antriannya sudah panjang. Akhirnya gue ma lie milih nge-mie aja di sevel, toh harganya masih sesuai di kantong, sambil nunggu yang lain turun, hehehe ternyata mereka memilih antri makan, dan alhasil baru turun ke lobi jam 9…hiks.  So the guide is start, actually Andy, sohibnya Anto udah pernah lama tinggal di SIngapura, tapi ternyata karena anak metropolitan..hihihi, kalo daerah-daerah pinggiran kurang paham dia hihihi, jadi peta MRT kita tetap berlaku. Sesuai permintaan neng Icha, kita menuju MRT Orchard, yang ada di jalur merah, transit dulu di Dhobi Ghaut. Eh.. ternyata mall-mal disana belum buka alias kita kepagian, hiks. Akhirnya kita putusin jalan dulu ke City Hall, dari situ kita menyusuri jalan sepanjang Esplanade Drive, Esplanade park, dengan tujuan Patung Merlion, eit ternyata patung merlionnya lagi ditutup, karena sedang dipugar lagi, hadeh-hadeh…akhirnya foto2 hanya di patung merlion kecil aja deh, sama foto2 sekitar waterfront dengan latar belakang marina sand bay. Gak lama2 kita disana karena ya ampun penuhnya…full of orang Indonesia!!!! Males banget gak sih….everywhere orang Indonesia, kayak berasa di Jakarta aja. Akhirnya kita putusin jalan ke Chinatown, lewat Rafles Place MRT, disana, seperti biasa, ada banyak souvenir murah di Pagoda Street, so the shopping is begin….gue beli sandal titipan nyokap, baju khas cina+sepatu kecil buat dede raya, oya sampul paspor Liverpool buat mang eci (maacih ya ntje)…tas-tas besar murah, 10 dolar dpt 3, buat oleh-oleh orang rumah.  Oya satu lagi, bungkus henpon hehehe, jelek banget bahasanya.

Sudah selesai dari Chinatown, kita menuju bugis untuk makan siang, kita makan siang lagi di Tongseng Coffee Shop yang murmer enak itu, dan lanjut belanja ke bugis junction dan bugis street. Sudah dapet yang dimau, kita putusin untuk istirahat dulu ke hotel, dan sepakat ketemuan abis maghrib di lobi untuk kembali ke orchard. Gue ma lie pake kesempatan ini buat renang di lantai atas, sepi boo, nikmatnya bisa renang dengan bebas. Habis renang kita cari makanan kecil seputar hotel, sambil nunggu mereka yang masih istirahat di kamar. Abis maghrib, sesuai jadwal kita jalan ke Orchard, dan mulailah perburuan barang-barang bermerek yang emang lagi diskon abis disana, bulan Juni emang dikenal sebagai Singapore Great Sale (SGS), gue sih ga ada yang dibeli, window shopping aja ama Anto, yang lain….biasa mulai banyak gembolah di tangannya hihihi.

Image

Puas di Orchard, kita langsung menuju Mustafa, biar sekalian capek kata mereka. Putar2 cari oleh di Mustafa, hihihi si lie akhirnya harus beli koper baru karena belanjaannya paling banyak. Jam 11.30 kita jalan dari Mustafa ke hotel, karena MRT sudah tutup. So, rest for tomorrow, persiapan pulang ke Jakarta.

Hari ke-3, Minggu, 1 Juli 2012

Ini acara bebas, kita bebasin mereka mau kemana aja, yang penting jam 12 siang uda siap di lobi untuk check out dan dijemput oleh bis travel menuju bandara changi. Gue ma lie sepakat putar little india, dan mengunjungi salah satu mall local disana, the verge. Wah ternyata supermarket harganya cukup murah, termasuk barang-barang fashionnya. Menghabiskan sisa-sisa uang dolar singepu (meni gaya pisan euy), hihihi. Anto dan Andy juga ternyata balik lagi ke Mustafa, eh trus ketularan ikutan ke the verge…hadeh……urusan belanja emang gak beres-beres

Exacly at 1 pm, kita dijemput travel car dari beesybus. Satu orang bayar SGD 8, lumayan lah, daripada gembol-gembol barang naik MRT,  hehehe, perjalanan lumayan cepet, jam 2 kurang kita sudah sampai di terminal 2 changi, langsung taro antrian bagasi di dpn counter check in Batavia Airlines (RIP), sambil nunggu counternya buka. Kalo gak nge-tekin, wuih…tau gak sih Batavia sebagai full board airline, kan ngasi bagasi 25 kg per orang, waktu kita check in mbaknya nanya, Cuma segini aja bagasinya..hahahha, la iya lah, soalnya kta mbaknya orang Indonesia biasanya pulang dari Singepu bagasinya super banyak….gue bilang.bukan kurang banyak bagasinya mbak, Cuma kurang banyak duitnya wkwkwkwkw….#pengakuan

Udah check in kita makan di McD, trus langsung menuju ke ruang boarding. Gue ma anto yang secara uda tongpes langsung ngacir ke ruang boarding, sedangkan yang lain masih belanja parfum yang katanya di changi harga parfum termasuk murah….hadeh untung gw ga biasa pake parfum..jadi skip deh.

Jam 16.00 kita  masuk pesawat, and tepat jam 17.00 kita landing lagi di Soetta Terminal dua..alhamdulillah, thanks for the trips guys….see u  again in the next trip

One’s destination is never a place, but a new way of seeing things.” – Henry Miller

Edited by Babahdavi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s