Jalan-Jalan Murah ke Jepang – Day 1

17 April 2014,

ITS THE DAY…..!!!!

Semua persiapan sudah dipikirkan dengan matang untuk keberangkatan. Bagi kami, Kegalauan pertama ketika jalan-jalan ke luar negeri adalah urusan makan. Walaupun di berbagai web, blog, buku-buku sudah membahas tempat-tempat yang relative ‘save’ untuk kami yang mayoritas muslim, tapi tetap saja kepikiran. Akhirnya kita sepakat masing-masing dari kita akan bawa lauk pauk sendiri-sendiri yang mudah untuk dibawa dalam perjalanan. Selain mengirit, tentu saja harapan kita di Jepang nanti, kita tidak perlu pusing-pusing cari tempat makan lagi. Paling tinggal beli nasi di minimarket, mirip seperti yang kita lakuin waktu travel ke Korsel setahun yang lalu. So, kentang goreng, tempe kering kacang, abon, teri kacang, telor asin, sambel dan kecap sachet, dll sudah kita persiapkan.  Pengalaman sejauh ini membuktikan, tidak ada makanan yang seenak makanan Indonesia. BE PROUD!

Backpack pun ready, 4 kaos termasuk kaos DOLANYUKZ yang kita desain sendiri secara sederhana, 3 celana jeans, pasmina, jaket, peralatan sholat, mandi, obat2an, sampai ke sendok2 plastik gw siapin. Ada rekan yang berbaik hati minjemin mini travel cooker, wah rejeki, jangan ditolak ya… Yang berbau makanan sengaja kita masukin dalam 1 koper and masuk bagasi, ngorbanin duit buat beli bagasi biar bisa makan di Jepang…hehehe. 

Pesawat take off jam 20.30 malam, karena kita sudah web-check in, kita bisa boarding 30 menit sebelum keberangkatan. Buat gw, pengalaman menuju bandara pada tanggal ini adalah pengalaman yang benar-benar tak terlupakan. Dengan berbekal keyakinan bisa sampai bandara jam 19.00 sesuai janji dengan rekan-rekan yang lain, gw berangkat jam 4.30 sore dari kantor gw di Raden Saleh. Sopir kantor gw berbaik hati mengantar, kita lewat Menteng mengarah ke Sudirman untuk kemudian keluar di Slipi. Karena besok mau libur nasional, ternyata jalanan sudah padat. Awalnya kita tenang, tapi jam 6 sore berlalu, kita masih belum bisa keluar dari kemacetan, jam 6.30..kita masih di belakang pejompongan..Gelisah luar biasa, gak gw gak sopir kantor gw….sampai kemudian dia menyampaikan ide supaya gw naik ojek menuju slipi dan kemudian naik taxi langsung masuk tol di slipi menuju bandara. I think that was the best idea he ever said….Kitapun menepi, dan Adi, driver kantor gw, lari2 cari ojek dan bujuk mereka anter gw ke slipi, kalau perlu sampe slipi cariin taxinya sekalian. And he got it, untungnya jadi backpaker, kita gak banyak bawaan, cuma 1 ransel dan 1 koper kecil isi makanan tadi. Gw pun ninggalin Adi di jalan dan ngojek menuju Slipi. Tukang ojeknya nyelip2 ke pasar2 lewat gang kecil supaya bisa sampai Slipi secepat mungkin. And 15 menit…yes kita sampai di Slipi. Sang tukang ojekpun melambaikan tangannya pada sebuah Taxi Blue Bird yang kosong. Taxi pun menepi dan tanpa pikir panjang gw langsung loncat ke taxi dan memberikan uang 50rb ke si tukang ojek…(Sebenarnya dealnya sama sopir gw 30rb, tapi dengan jasanya yang luar biasa), gw ikhlasin 50rb gw buat mereka….

Satu halangan sudah terlewati, tinggal 1 masalah lagi, bagaimana sampai bandara sebelum jam 8 malam, padahal jam sudah menunjukkan pukul 7.15 malam. And thanks GOD, perjalanan menuju bandara relatif lancar, dan gw sampai bandara tepat pukul 8 kurang 5 menit. Langsung gw ke baggage drop dan berlari ke imigrasi di lantai 2 Terminal 3 Soeta…Jam 8.15 gw masuk ruang boarding bersamaan dengan pengumuman kalau penerbangan Air Asia ke KL (Transit kita ke osaka JKT-KL-OSAKA) ditunda setengah jam….Alhamdulillah, bisa napas dulu deh gw….Teman2 yang lain sudah asik duduk-duduk nunggu di ruangan boarding sambil ketawa ketiwi liat nasib gw….what a day….

Jam 8.45 malam barulah kita masuk ke pesawat, pesawat take off sekitar pukul 9 malam, 2 jam perjalanan menuju LCCT, KL. Benar-benar hari yang melelahkan, gw langsung tepar tidur di pesawat, dan benar2 bangun ketika pesawat mau mendarat…ampun..ampun. Jam 12 malam waktu KL kita sampai dan segera masuk ke ruang transit, dan ternyata, karena delay, sampai disana, pas banget pengumuman kalau keberangkatan ke Osaka sudah bisa naik ke pesawat. No waiting time…kita langsung masuk ruang boarding dan masuk ke pesawat. And again..we sleep through the night…

Mimpi dulu ya…lanjut lagi kalau sudah sampai KANSAI, OSAKA di next story…..

4 thoughts on “Jalan-Jalan Murah ke Jepang – Day 1

Leave a Reply

