Jalan-Jalan Murah ke Jepang – Day 2 : Bandara Kansai, Ark Hotel, Osaka Castle

18 April 2014,

WE FINNALY ARRIVE AT JAPAN…!!!!

Its 8.15 am in the morning, 15 menit lagi kita mendarat di Bandara Internasional Kansai, Osaka, Jepang. Sambil mengisi kartu imigrasi yang diberikan pramugari Air Asia X, gw jadi inget salah satu postingan Mbak Claudia Kaunang di Facebook Fan Page – nya: Jangan batasi impian traveling mu hanya karena masalah biaya atau sulitnya visa. Tuhan memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang (termasuk orang Indonesia) untuk bisa keliling dunia dan menikmati ciptaan-Nya.” Thanks GOD for fulfill our dream here….

Pemandangan sekitar bandara Kansai ini semuanya lautan…yes guys bandara ini berada di tengah laut, berada di pulau buatan yang khusus dibuat untuk pembangunan bandara ini. Dari info Wikipedia, bandara ini adalah salah satu dari sepuluh struktur yang diberi julukan “Rekayasa Sipil Monumen dari Milenium” sebuah penghargaan yang diberikan oleh American Society of Civil Engineers. Wow kereen….

Tepat jam 8.30 pagi , pesawat mendarat di Bandara International Kansai, Osaka. Waktu Jepang 2 jam lebih awal dari Jakarta. Jadi di Jakarta masih jam 6.30 pagi. Akhirnya Travelmate.id sampai juga di salah satu dream destination kita…JEPANG…!!!!! Gw celingukan kesana kemari cari rekan-rekan Travelmate.id yang lain. Sebagai informasi, karena kita gak beli seat di penerbangan ini, kita duduknya mencar-mencar hehehe. Akhirnya semua ketemu di dalam bandara, untuk menuju ke imigrasi, kita harus naik kereta dulu. Gw gak ngitung tiap berapa menit kereta dateng, tapi kita emang gak buru2, kita naik kereta setelah hampir semua penumpang sudah menuju ke ruang imigrasi, hehehe

ImageImage

Setelah semua mengisi kartu imigrasi, kita segera antri, biasanya selama ini asumsi kita kan petugas imigrasi jutek2 ya, setelah berhadapan dengan imigrasi jepang, image-nya berubah drastis, mereka selesai men-cek dokumen kita, gak segan-segan berdiri dan menunduk sambil mengucapkan terima kasih…arigato welcome to Japan….dan keramahtamahan petugas-petugas di Jepang terus berlanjut selama kami disana…impresive…!!!

Setelah dari imigrasi, kita menuju ruang bagasi, untuk ambil beberapa bagasi kita masing-masing. Bagasi gw yang paling ditunggu-tunggu, why?? karena isinya..makanan…Ha ha ha. Roti bantal merek ****ROTI pun langsung disergap, nyarap dulu ganjel perut. Setelah semua bagasi kita terkumpul, kita keluar menuju terminal kereta yang menuju ke pusat kota. Ada banyak 20140418_093638 transportasi ke kota dari Bandara ini, bisa naik kereta, bis, bahkan feri,  mengingat letaknya yang di tengah pulau (Teluk Osaka). Tanya-tanya ke  pusat informasi, untuk naik Airport Express dari Bandara, kita harus naik ke  lantai. Tiket Airport Express ke kota + Osaka Unlimited One Day Pass bisa kita  beli di tiket office secara bersamaan, harganya total 2900 yen/orang. Itu  tiket yang kita pilih untuk mempermudah perjalanan kita selama di Osaka.  Ketika beli tiket ini, kita akan dikasi map rute-rute yang bisa dipakai dengan  kartu ini, sebenarnya hampir seluruh rute bisa dipakai, jadi jangan kuatir,  dijamin bisa puas muter2 seharian naik kereta dengan pass ini.

map_osaka_area unlimited pass

Ada yang lucu pada saat pertama kali kita naik airport express,  setelah masuk ke    jalur kereta, ternyata di bawah ada dua  kereta yang standby satu rapid express dan  satu lagi airport  express, nah masalahnya kita gak tau itu, jadi langsung aja naik  ke  kereta. pas diliat2 kok keretanya bagus banget ya, tiap  orang dapat 1 seat, rasa2nya  kok aneh….untung kita mutusin  nanya ke salah satu penumpang, tapi karena dia gak  bisa  bahasa inggris, dia bingung tapi dia dengan baik hati ngajak  kita cari petugas,  and eng ing eng..kata petugasnya kereta  airport express bukan yang ini, ini mah  rapid express, VIP  boo hahaha. Kita pun segera pindah ke gerbong airport  express,  yang layaknya kereta-kereta umum lainnya, ada  beberapa seat, sisanya bisa berdiri. haha noraknya..

20140418_091622

20140418_093151

Setelah menempuh perjalanan selama  kurang lebih 45 menit, sampailah kita di  stasiun Tengachaya, berdasarkan rute yang  kita dapat dari hyperdia  untuk mencapai Hotel tempat kita menginap  di Stasiun Nagahoribashi, kita berganti  kereta di Stasiun Tengachaya ini, naik kereta  line coklat (Sakaisuji line) menuju Stasiun Nagahorisbashi (5 stop dari Stasiun Tengachaya)

rute dari kansai airport ke nagahoribashi station

Setelah sampai di Stasiun  Nagahoribashi, sesuai arahan dari  pihak hotel, kita keluar di exit 4, begitu  keluar, pintu hotelnya tepat nempel di  sebelah kiri stasiun…keren. Gak usah  jauh-jauh jalan lagi. Kita segera drop  backpack dan bagasi kita di hotel,  karena kita belum bisa check-in  sebelum jam 3 sore….kacian deh  kita…sedangkan jam waktu itu masih  menunjukkan pukul 11.30 siang.  Hal pertama yang kita lakukan sesampai di hotel adalah….MAKAN!!! Sebenarnya di depan hotel ada resto Yoshinoya, sebagian dari kita nyobain makan di Yoshinoya, karena harga rice beef bowlnya cukup murah sekitar 300-350 yen. Tapi beberapa rekan-rekan lebih milih beli nasi aja di Yoshinoya, dan makan lauk bawaan langsung kita dari Indonesia di lobi Hotel. Tetep…… Untung lobi hotelnya ada area tunggu, jadi kita bisa makan disitu tanpa ganggu tamu-tamu lain yang keluar masuk hotel.  Oya sampe lupa, nama hotelnya ARK OSAKA HOTEL

20140418_110237 20140418_110313 Sekitar jam 12.30 kita semua selesai makan, sebenarnya hari itu hari Jumat,  yang  cowok-cowok ada kewajiban solat Jumat, tapi karena setelah cek, Masjid  Central  Osaka letaknya cukup jauh dari hotel, akhirnya kita sepakat untuk di  jama’ sholatnya  pas waktu check in nanti, dan sambil menunggu waktu check  in, kita kembali ke  stasiun untuk berjalan-jalan ke area wisata terdekat dari  hotel. Pilihan kita adalah  OSAKA CASTLE. salah satu landmark paling terkenal di Osaka. Sesuai map, stasiun  nagahoribashi berada di dua line, Sakaisuji yang berwarna coklat dan nagahori  tsurumi – Ryokuchi kine yang berwarna hijau muda. Nah kita berjalan menuju line  hijau muda ini lalu naik kereta menuju Tanimachi-6 chome (satu stasiun dari  nagahoribashi). Tanimachi-6 chome ini juga pertemuan dua jalur hijau muda dan ungu. Jadi begitu sampai, segera pindah line ungu – Tanimachi line (satu stasiun saja, ke  stasiun Tanimachi-4 chome) ikuti saja exitnya yang menuju ke OSAKA CASTLE.  Btw kalau bingung lihat jalur/line nya, bisa juga lihat nomor stasiunnya..cek map ya..

OSAKA CASTLE atau Istana Osaka adalah Istana yang berada di Taman Osaka. Istana ini didirikan oleh Toyotomi Hideyoshi, salah satu samurai paling berpengaruh di abad 16. Patungnya diabadikan di dalam taman Istana Osaka. Dari Stasiun menuju ke Istana Osaka jalannya agak menanjak, melewati gedung NHK Osaka dan Osaka Museum of History. Sebelum menuju Istana ini, kita harus melewati dua pintu gerbang utama, yaitu Otemon dan Sakuramon. Taman di sekitar istana ini banyak ditanami pohon sakura dan banyak sekali burung merpati yang beterbangan di sekitar area taman. Istana Osaka ini sendiri terdiri dari 8 lantai. Sayangnya kita  sudah terlalu lelah untuk naik ke atasnya, padahal menara  Istana Osaka merupakan simbol dari kota Osaka, dari sini,  kita melihat pemandangan kota Osaka.

20140418_12592420140418_130326

20140418_13250520140418_131412

20140418_134308

20140418_13570920140418_140032

Setelah cukup puas berfoto-foto di Taman Istana Osaka, kita pun memutuskan kembali ke Hotel karena waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore. Yes..check in time, uda ngebayang segernya bisa mandi trus melepas lelah sebentar setelah perjalanan panjang kita sejak kamis malam. BERSAMBUNG…..

2 thoughts on “Jalan-Jalan Murah ke Jepang – Day 2 : Bandara Kansai, Ark Hotel, Osaka Castle

1. Wah, seru banget mbak. Mau nanya dong.. Apakah Osaka pass 1 day tidak mengcover transportasi dari KIX ke osaka st?

Tahun depan rencana mau kesana mbak.
    Terima kasih sebelumnya

• sepertinya ada..jadi kartu pass di jepang tuh ada banyak, pilihannya sesuai kebutuhan, tp kalo g salah kartu passyang cover bandara-kota harus pp, sedangkan kita dari osaka lanjut ke kyoto