Jalan-jalan Murah Jepang Day-5: Puter2 Tokyo (Tamat)

21 April 2014,

Last day in Japan…

Rencananya hari terakhir ini kita mau jalan-jalan ke Lake Kawaguchiko, katanya kalau ke Tokyo, kalau belum kesini untuk lihat Gunung Fuji, ke Jepangnya belom afdol. Jadi makanya kita bela2in istirahat lebih cepat, karena perjalanan dari Tokyo ke Lake Kawaguchiko katanya memakan waktu hampir 2 jam. Duh uda ngebayang deh naik gondola sambil liat pemandangan danau dan Gunung Fuji (mungkin itu yang gw liat waktu pagi di perjalanan dari Kyoto ke Tokyo), bener2 kebawa mimpi…………….

Pagi itu jam 6 gw seperti biasa keluar hotel untuk beli nasi, dan apa yang terjadi? diluar hujan!!!! Suasana pagi itu masih berkabut, dalam hati masih berharap siangan nanti bisa berhenti hujannya. Karena hari terakhir, kita sudah packing2 barang2 kita dan kita simpan di bagage storage hotel, pihak hotel memperbolehkan kita menyimpan bagasi kita sampai jam 6 sore. Setelah sarapan, jam 8 kita keluar hotel, hujan masih mengguyur Asakusa. Kita nekat berjalan, dan memantapkan diri menuju stasiun, karena bis menuju Lake Kawaguchiko adanya di stasiun Shinjuku. Tapi sampai Shinjuku, hujan juga tidak juga berhenti, akhirnya kita putuskan untuk mampir dulu ke TMG (Tokyo Metropolitan Government) Building yang kebetulan posisinya persis tempat kita keluar stasiun.

20140421_094613 20140421_094827

Untuk menuju lantai 42 observation deck, kita harus antri di depan lift, menuju keatas gratis, tidak ada pungutan biaya dari pihak pengelola gedung. TMG Building adalah salah satu gedung tertinggi di Tokyo, bentuknya hampir mirip dengan Petronas, yaitu berupa menara kembar, di depan lift tas kita diperiksa oleh pihak keamanan, setelah itu kita mulai naik ke atas bergantian. Begitu sampai atas, di dalamnya banyak sekali toko-toko suvenir untuk yang mau berbelanja, jika tidak, kita bisa langsung menikmati kota Tokyo dari atas gedung TMG Building ini. Sekali lagi, sayangnya Tokyo saat itu diguyur hujan, jadi gedung2 pencakar langit yang bertebaran di kota Tokyo pun tertutup awan tebal. Setelah puas berputar2 di atas, kita turun kembali, sambil menunggu teman2 yang lain, gw ambil kesempatan foto gedung TMG dari luar, di belakang TMG Building, nampak juga Tokyo Dome dari kejauhan.

20140421_101222 20140421_101111 20140421_101549

Setelah berkumpul, kita pun sepakat akhirnya untuk membatalkan perjalanan ke Lake Kawaguchiko, karena berdasarkan perkiraan cuaca, kondisi disana hujan lebat lebih dari Tokyo, suhunya juga mencapai 10 derajat celcius. So kemana kita? Sebagai muslim, kita sepakat untuk mengunjungi salah satu masjid di Tokyo, kebetulan dari Shinjuku ada masjid terdekat yang bisa kita kunjungi, yaitu Masjid Camii. Dari Shinjuku kita ke stasiun Yoyogi-uehara dan kemudian berjalan menuju Masjid Camii. Masjid ini juga merupakan pusat kebudayaan Turki di Jepang, dan katanya merupakan masjid terbesar di Jepang. Sayangnya kebesaran masjid ini tertutup oleh pohon-pohon besar di sekitarnya, sehingga sulit sekali men-foto masjid ini secara keseluruhan. Dari luar terlihat biasa saja, tapi begitu masuk ke dalam, ornamen-ornamen masjid ini luar biasa indahnya. Beruntung bisa berkunjung ke Masjid ini, see segala sesuatu pasti ada hikmahnya….

20140421_131723 20140421_131303 20140421_131309 20140421_125720 20140421_125715 20140421_125701 20140421_125643 20140421_125638 20140421_125618

Setelah istirahat dan sholat jama’ dzhuhur dan asar, kita kembali ke stasiun Yoyogi-uehara, berdasarkan permintaan teman2, kita kembali ke Harajuku, karena kemaren malam kita sudah kemalaman dan toko2 sudah tutup. Kita pun sepakat kembali ke Harajuku untuk menikmati toko2 asesoris disana. Tidak lupa maksi dengan kebab dan crepes yang harganya lumayan cocok di kantong kita. Gw malah borong beli kitkat greentea (lagi), karena pas lagi ada promo dari tokonya, plus coklat2 lain yang harganya murah meriah. Setelah puas di harajuku, kita kembali ke Asakusa, karena masih jam 3 sore kita sepakat untuk kembali ke Nakamise Shopping Street untuk belanja (terakhir kali yeee)…., setelah makan (lagi) di mcd…kita memutuskan untuk berpisah dan bertemu di hotel jam 6 sore. Gw sendiri milih jalan2 sendiri, karena memang selera untuk membeli barang2 untuk kita bawa pulang itu setiap orang kan beda2. Gw dapat kaos buat anak gw yang terkecil dan ayahnya, kue mochi dan permen untuk rekan2 kantor, kimono utk ortu, and..stop (haha), that’s it, budget belanja gw emang dikit, jadi gak mau kalap, nanti gak bisa pulang xixixi.

Gw milih window shopping sambil berjalan balik ke hotel, di perjalanan gw bertemu dengan kak yo dan mas iid yang belanja sepatu, dan kita kembali bersama ke hotel. Sampai hotel ternyata teman2 sudah ada semua di hotel, lagi asik browsing2….(Update status..hiks). Semua barang kita packing, untungnya di hotel ada timbangan bagasi, jadi kita tau berapa berat bagasi kita, ini kita pake kesempatan untuk mengatur bagasi kita biar gak over bagasi, maklum air asia, bagasi yang kita beli terbatas.

20140421_09185820140421_093853 20140421_094441

Jam 6 sore kita putuskan untuk menuju stasiun, dari Asakusa Station kita menuju Sengakuji Station kemudian berganti kereta Kekyu Airport Express menuju Haneda International Airport Tokyo. Perjalanan memakan waktu sekitar 40 menit dan tak terasa sampailah kita di Haneda International Airport. Oya hari itu kita kan kembali membeli 1 day pas Metro dan Toei Line, tapi, untuk menuju Haneda, biaya nya agak beda, tapi jangan kuatir, begitu mau keluar stasiun menuju terminal keberangkatan di lantai 3, kita tinggal kasi kartu kita ke petugas, dia akan kasi sisa biaya yang harus kita bayarkan. Simple kan?

20140421_185843 20140421_185901

Terminal keberangkatan ada di lantai 3, karena pesawat kita masih jam 12 malam, kita putuskan untuk makmal dulu, ngabisin lauk-pauk yang kita bawa dari Jakarta, hehehe. Lauknya kurang dikit, jadi kita beli chicken strip yang dijual di minimarket di terminal 3. Dan…habislah sudah semua….alhamdulillah. Gw muter2 dikit di terminal ini, eh diujung ada tempat sholat lo, ah sayang gak sempet foto prayer room-nya. Ada tempat wudhu-nya didalam, mantaps…..

Jam 9, antrian di counter air asia sudah mengular, karena asik makan malam, kita jadi terpaksa ikut antrian panjang, dan baru jam 10an berada di depan web-check in counter AirAsia. Alhamdulillah bagasi kita pas semua ketika ditimbang, aman….siap2 boarding……Setelah melewati petugas imigrasi, kita menuju ruang boarding boarding Air Asia yang posisinya ada diujung landasan! udah gitu tempatnya kecil, tidak sanggup menampung segitu banyak penumpang yang bludak..hadeh2..tapi kita sih asik2 aja, duduk2 lesehan sambil nunggu keberangkatan…maklum ada darah TKW…wkwkwkw.

20140421_230500 20140421_230526

Tepat jam 11.30 malam, kita sudah diminta masuk pesawat, tidak terasa ya…kita sudah harus meninggalkan Tokyo dan kembali ke Jakarta, rasanya masih belum puas, tapi bersyukur mendapat kesempatan luar biasa untuk bisa mengunjungi negeri sakura ini, lain kali kami kembali….Sayonara Japan……(TAMAT)

4 thoughts on “Jalan-jalan Murah Jepang Day-5: Puter2 Tokyo (Tamat)

  1. Kak, mau tanya, kalau pas transit di KL perlu check-in ulang ga? Ganti boarding pas ato ga? Bagasi yang mindahin pihak AA nya kan? Terus visa ke jepang berapa ya? Makasii🙂

    • check-in ulang iya, masuk keruang transit trus kasi tiket/boarding pas (kalo uda web check in), karena masuk ruang transit, ya bagasi otomatis dipindahin sama AA,visa jepang yang wisata terakhir 350rb, tapi denger2 ke depan uda bebas visa (untuk pemegang e-paspor)

  2. saya baca dari pertama aa jadi pengen buru-buru ke jepang, masjid camii emang jadi salah 1 tujuan yang kudu di datenginlah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s