Perth Australia Trip 11-15 Mei 2016: Persiapan

Hi..guys see u again..udah lewat setahun ya setelah perjalanan Raja Ampat. Sebenarnya tahun 2015 kita ada trip ke Singapura, tapi skip dulu ya ceritanya…kita share perjalanan di tahun 2016 ini. Sekali lagi thanks to Airasia dengan promonya akhirnya kita bisa berkesempatan ke Perth, Australia. Like we always do, tiket promo ke Perth ini uda kita beli setahun sebelumnya, pp 3.5jt uda include bagasi 20kg..wow…

Chalenge berikutnya adalah cari penginapan, hampir semua referensi blog yang kita baca, Perth adalah salah satu kota yang biaya akomodasinya mahal..and cek punya cek di seluruh hostel yang kita coba browse dari Internet, paling murah per orang adalah 400rb/bed untuk kamar yang dormitory alias satu kamar untuk banyak orang. Jadi 3 malam kami harus menyediakan 1.2jt…hmm mahal ya…

So, kita coba hal baru yang belum kita lakukan sebelumnya, mencari rumah di Airbnb.com, situs ini terkenal karena bisa menyewa rumah orang lokal dengan harga yang cukup terjangkau, dan browsing2, akhirnya menemukan juga 1 rumah yang bisa memuat 14 orang..yes guys perjalanan kali ini pesertanya lumayan banyak 14 orang…asyiknya lagi, kami bisa early check in dengan sedikit biaya tambahan. Dengan hanya sharing per orang 976rb, kami mendapatkan 1 rumah utama+ 1 flat lengkap dengan ruang makan, ruang keluarga, dapur beserta isinya, mesin cuci+pengering, bahkan di ruang keluarga sekaligus kamar saya, dela dan dida disediakan tv layar besar dilengkapi dengan konsol video game…cocok buat anggota termuda kami vincent….Thanks for Matthew and Illiona our guesthouse… yang tertarik liat profile mereka bisa liat di link ini, Matt&IllionaBooragoon.

Oke, tiket done, akomodasi beres, apalagi yang penting? Paspor? sudah pastilah, jangan lupa, harus masi valid 6 bulan sebelum masa habis berlakunya. Trus apa doung..? Yep..VISA. Jangan dikira karena orang Ausie sudah bebas visa ke Indonesia, maka berlaku juga sebaliknya…no guys kita tetap harus ngurus visa Australia. Kemana? melalui agen visa khusus Australia, vfsglobalaustralia. VFS.GLOBAL sebenarnya tidak hanya melayani pengurusan via ke Australia, mereka juga melayani pengurusan visa ke Selandia Baru, UK, dan Eropa. Untuk di Jakarta, kantor VFS. GLOBAL Australia ada di Kuningan City Lantai 2 No. L2-19,
Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia. Alamat lengkap ada di link ini, VFS Address. Yang menjadi catatan disini, jangan kuatir ngurus visa sendiri di sini, karena kita bisa ngurus sendiri atau bahkan bisa mewakili teman2 kita yang gak bisa datang, asal dokumennya lengkap. Apa aja yang dibutuhkan. Ini listnya:
1. Form visa. tergantung mau apa ya tujuan ke ausie, kalau untuk liburan seperti kita, cukup isi form 1419. jangan lupa tempelin foto bewarna 4,5 x 3,5 cm satu saja di form aplikasi visanya.
2. Fotokopi ktp, kartu keluarga, paspor (bawa aslinya untuk ditunjukkan saja), akte kelahiran, akte nikah (untuk yang sudah menikah).
3. Khusus untuk fotokopi paspor, yang dicopy adalah halaman bio-data (yg ada foto kita), halaman pengesahan, halaman alamat (bagian belakang) dan tiap halaman yang terdapat cap dan/atau visa
4. Untuk yang sudah menikah bawa surat ijin dari suami/istri, dan yang bekerja bawa surat ijin dari kantor. Formnya seperti apa, bisa request ke dhe_mulyani@yahoo.com, nanti kita share ya.
4. Fotokopi rekening/buku tabungan. Saldonya terserah, dihitung aja kira2 kalo kesana 3-5 hari habis berapa. Untuk grup kita rata-rata masukin saldo 5-10 juta.
5. Kalau sudah punya copy tiket pesawat dan itinerary selama di sana bagus juga dilampirkan, tapi kemaren kami tidak melampirkan pun tidak masalah.

So, kita bawa semua dokumen ini ke kantor vfs di kuningan city, mereka buka dari jam 9 sampe jam 4 sore. Jangan bawa laptop ya karena sama securitynya gak diperbolehkan dibawa masuk, HP saja harus dimatikan. Jadi bawa dokumen yang diperlukan saja, di dalem, cari ruangan untuk visa australia, karena ada beberapa ruangan untuk visa negara lain, ada petunjuknya kok. Sebelum masuk ke ruangan counter visa australia dikasi nomer sama securitynya, tinggal bilang aja kita pemohon individual, kalo bawa dokumen temen, sebutin berapa orang, nanti dikasi nomernya sesuai jumlah aplikasinya. Trus yauda, tinggal nunggu dipanggil, diverifikasi dokumennya, dan bayar. Karena kemaren kita pake layanan sms untuk notifikasi progress visa kita, total kita kena charge Rp. 1.625.000. Semakin banyak layanan yang kita pilih untuk memudahkan kita, semakin banyak chargenya heee… Kalau ada yang kurang dokumen, kita harus balik lagi besoknya, dan itu juga kena biaya. jadi makesure dokumen lengkap ya dan terisi.

Katanya sih prosesnya 15 hari kerja, tapi dalam jangka waktu 5 hari kerja, Alhamdulillah kami semua mendapatkan email dari imigrasi kedutaan besar Australia yang berisi persetujuan visa. Jadi visanya gak dicap di paspor kayak negara2 lain, visanya diemail, itu yang kita print atau kita simpan di hp kita kalau sewaktu2 diminta menunjukkan oleh pihak imigrasi Australia.

Oya makesure waktu pengurusan visa gak mepet sama keberangkatan ya, kita ngurus visa awal april untuk keberangkatan 11-15 Mei. Jadi kurang lebih 1 – 1.5 bulan sebelumnya.

So, beres deh, tinggal nunggu waktu berangkat….ntar kita lanjut ke cerita perjalanan hari pertama ya…love you guys…semangat….

2 thoughts on “Perth Australia Trip 11-15 Mei 2016: Persiapan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s